Mitsubishi Pantau Sepak Terjang All-new Suzuki Ertiga

Mobil Baru

Mitsubishi Pantau Sepak Terjang All-new Suzuki Ertiga

JAKARTA – Mitsubishi menyatakan masih belum mengetahui bagaimana dampak All-New Suzuki Ertiga terhadap Mitsubishi Xpander dan akan memantau sepak terjangnya.

All-New Ertiga Baru saja diluncurkan di Indonesia di hari perdana Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, Kamis (19/4/2018) di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Dengan tampilan jauh lebih menjanjikan dibanding generasi lawasnya, muncul pertanyaan apakah keberadaan Ertiga baru dapat menggoda para pemesan Xpander, terutama yang masih berada dalam antrian panjang.

Xpander, meski baru seumur jagung karena baru meluncur pada Agustus 2017, berhasil mencatatkan hasil amat positif. Low multi purpose vehicle (LMPV) berdesain sangat kental aura sport utility vehicle (SUV) ini pada kuartal pertama 2018 mampu mengalahkan sang raja lama, Toyota Avanza, yang sudah bertahan belasan tahun di takhta.

Euforia publik terhadap Xpander masih bertahan sejak pertama kali diperkenalkan hingga saat ini. Presiden Direktur PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Kyoya Kondo menyatakan belum bisa memprediksi apakah euforia pasar bakal mengecil atau malah hilang usai kehadiran All-New Ertiga.

“Saya belum tahu. Saya juga ingin tahu mengenai itu,” ucap Kondo di sela-sela IIMS 2018.

Lebih lanjut, setelah mengaku akan memantau, Konda juga menyambut kedatangan All-New Ertiga. Ia percaya pasar LMPV bisa lebih berkembang.

All-New Ertiga menurutnya stimulus bagus bagi segmen LMPV. Volume penjualan LMPV secara total kemungkinan makin banyak.

“Dalam sebuah kompetisi pasar yang sehat, produk baru seperti All-New Ertiga akan membantu juga perkembangan pasar,” nilai Kondo.

Pasar LMPV sendiri selama tiga bulan pertama tahun ini cenderung stabil. Seluruh pemain di segmen ini secara akumulatif menorehkan volume sekitar 24 ribu unit per bulan. Volume sebanyak itu kurang-lebih sama dengan perolehan tiga bulan pertama 2017 jika merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support