All-New Suzuki Ertiga Tak Khawatir Tertutup Euforia Mitsubishi Xpander

Berita Otomotif

All-New Suzuki Ertiga Tak Khawatir Tertutup Euforia Mitsubishi Xpander

JAKARTA – All-New Suzuki Ertiga merasa yakin mampu mencapai target penjualan yang diinginkan meski kini semua mata masih tertuju pada Mitsubishi Xpander.

All-New Ertiga baru saja melakukan debut globalnya dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, 19 – 29 April di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Di tengah euforia pasar terhadap Xpander, Suzuki yakin low multi purpose vehicle (LMPV) yang kabarnya berbanderol di bawah Rp 240 juta itu mampu mencapai target yang diinginkan.

“Preposisi produk kami berbeda dengan  kompetitor. Itu yang pertama. Kedua, target segmen kami berbeda dengan kompetitor,” nilai Direktur Pemasaran PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Sahputra ketika diwawancarai di sela-sela IIMS 2018.

Di samping itu, Donny merasa All-New Ertiga sementara ini punya keuntungan dibandingkan Xpander yaitu newness atau kebaruan pada produk. Menurut Donny, hal itu akan membantu mendorong preferensi konsumen terhadap All-New Ertiga.

“Pada saat produk itu baru diluncurkan, biasanya gegap gempita,” ujarnya.

Suzuki menargetkan All-New Ertiga dapat lebih besar penjualannya dibandingkan generasi terdahulu sebanyak 60 persen.  Adapun model lawasnya terjual rata-rata 3.000 unit per bulan.

Ini artinya All-New Ertiga diyakini mampu membukukan setidak-tidaknya 4.800 unit per bulan. Distribusi All-New Ertiga sendiri akan dimulai pada pertengahan Mei.

Secara umum Ertiga generasi kedua  berubah cukup signifikan, mulai dari platform, mesin, desain, sampai dengan fitur. Namun, produk tersebut muncul ketika Xpander, yang pertama kali mengaspal pada Agustus 2017, masih dalam puncak ketenarannya pascadiperkenalkan.

LMPV andalan Mitsubishi ini bahkan berhasil menjadi yang terlaris di kelasnya pada kuartal pertama 2018, mengalahkan jagoan terdahulu Toyota Avanza. Sejak diluncurkan hingga Maret 2018, pemesanan Xpander sudah mencapai lebih dari 60 ribu unit, dengan distribusi baru sekitar 50 persennya. Target penjualan Xpander tahun ini ialah 70 ribu unit. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar