Mitsubishi Xpander Ditambah Produksinya jadi 150 Ribu di 2019

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander Ditambah Produksinya jadi 150 Ribu di 2019

TOKYO – Mitsubishi Xpander bakal ditambah produksinya hinga mencapai 150 ribu unit per tahun pada tahun fiskal 2019 yang dimulai dari April tahun depan sampai maret 2020.

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengumumkan rencana penambahan produksi menjadi 150 ribu unit pada tahun fiskal selanjutnya di pabrik mereka di Cikarang, Bekasi yang dioperasikan PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI). Penambahan dilakukan demi memenuhi permintaan konsumen dalam negeri sekaligus untuk ekspansi ekspor.

“Saya sangat senang bahwa pelanggan di Indonesia dan pasar Asean lainnya menerima Xpander dengan antusias. Kami akan terus berupaya untuk mengantarkan kendaraan yang sangat menarik ini secepat mungkin kepada konsumen,” ucap Osamu Masuko, Chief Executive Officer MMC.

Tidak dijelaskan mengenai komposisi produksi untuk pasar domestik serta ekspor. Tidak diberitahukan pula apakah volume tersebut sudah termasuk dengan low multi purpose vehicle (LMPV) Nissan yang menggunakan platform Xpander.

Pasalnya, aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa pabrik Mitsubishi di Cikarang akan mulai menyuplai LMPV Nissan pada 2019.

Xpander meluncur di Indonesia pada 10 Agustus 2017 dan permintaan pasar terhadapnya melebihi ekspektasi Mitsubishi sampai merek asal Jepang ini kewalahan memenuhinya akibat pabrik baru tersebut belum bisa beroperasi maksimal. Inden pun bisa mengular bahkan sampai lebih dari enam bulan.

Kapasitas produksi terus ditambah dari 5.000 unit per bulan, 8.000 unit per bulan, sampai 10 ribu unit per bulan pada akhir kuartal satu 2018. Menurut MMC, total pemesanan Xpander mencapai 80 ribu unit sejak Agustus 2017 sampai Juni 2018.

Mulai April kemarin, Xpander diekspor ke Filipina sebagai negara tujuan pertama. Target selanjutnya adalah Thailand, Malaysia, Vietnam, hingga ke region Timur Tengah plus Amerika Latin. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar