Mitsubishi Delica Terbaru Muncul, Pasar Indonesia Tetap Tak Kebagian

Berita Otomotif

Mitsubishi Delica Terbaru Muncul, Pasar Indonesia Tetap Tak Kebagian

JAKARTA –  Mitsubishi Delica D:5 terbaru yang diperkenalkan di pasar Jepang baru-baru ini tetap membuat agen pemegang merek di Indonesia bergeming.

Seperti diketahui, PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) belum lama ini memutuskan untuk menyetop penjualan Delica. Kecilnya pasar multi purpose vehicle (MPV) mewah plus tak signifikannya volume penjualan Delica menjadi alasan. Mereka memilih lebih fokus pada pendulang volume seperti Xpander atau Pajero Sport.

Keputusan tersebut sejauh ini tak berubah meski Delica D:5 versi teranyar diintroduksi di negara asal Mitsubishi. Imam Choeru Cahya, Head of Sales and Marketing Group MMKSI, mengatakan hingga detik ini belum ada diskusi untuk mendatangkan Delica D:5 edisi 2019 ke Tanah Air.

“Belum ada pembicaraan ke situ. Sampai saat ini enggak ada rencana,” ucapnya kepada Mobil123.com via sambungan telepon pada Jumat (23/11/2018).

Spesifikasi
Delica, seperti dikutip dari Motor1, terlihat mirip dengan versi konsep yang dipajang di Tokyo Motor Show 2017. Mitsubishi baru membuka pemesanan resmi, tapi informasi mengenai harga jual Delica D:5 edisi terkini tidak disebutkan.

Fascia depannya sudah mengusung konsep desain Dynamic Shield sebagai ciri khas terkini model-model Mitsubishi. Hanya saja, tampangnya berkesan intimidatif dengan grille depan dengan proporsi sangat lebar dan besar. Terdapat dua varian yang dijual di ‘Negeri Sakura’, standar serta Urban Gear, dan desain grille depan keduanya berbeda.

Satu hal yang pastinya terlihat akrab untuk publik Indonesia adalah desain Day-Time Running Light (DRL) menyipit, lampu depan menyatu dengan bemper, serta lampu kabut kecil di bagian bawah. Bagian ini benar-benar mirip dengan Xpander. Adapun lampu belakangnya mempunyai bentuk pencahayaan khas yang Mitsubishi sebut sebagai ‘RR Combi Lamp’.

Perbedaan lain varian Urban Gear dengan yang standar tentu adalah kesan lebih mewah. Ini diwujudkan misalnya lewat balutan material kulit pada jok kursi. Di samping itu, ada fitur-fitur lebih seperti Electronic Front Seats dan Power Tailgate.

Kabin Delica D:5 teranyar memiliki konfigurasi tiga baris, dengan kapasitas enam penumpang. Semua kursi pada baris depan, tengah, maupun belakang bermodelkan captain seat.

Sebuah layar berukuran berukuran besar mendominasi konsol tengah pada dasbor. Di bawahnya, terdapat antara lain tombol pendingin udara, kendali fitur All-Wheel Control (AWC), kontrol mode berkendara, plus tuas transmisi delapan percepatan otomatis.

Sistem penggerak dipercayakan pada mesin 2.2-liter turbodiesel berdaya 170 hp dengan torsi 392 Nm. Delica D:5 menggunakan mesin diesel DI-D generasi terbaru Mitsubishi yang diklaim lebih rendah emisi gas buang sehingga cukup ramah lingkungan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar