Mesin Ferrari 458 Italia Dilelang Mei 2018

Berita Otomotif

Mesin Ferrari 458 Italia Dilelang Mei 2018

MONACO – Sebuah mesin Ferrari 458 Italia bakal dilelang pada Mei mendatang oleh RM Sotheby’s.

Lelang mesin 458 Italia bakal digelar RM Sothebys’s di Grimaldi Forum, Monte Carlo, Monaco pada 12 Mei 2018. Selain benda ini, ada juga pelelangan Ferrari California T Edisi Ulang Tahun ke-70 atau baju balap legenda Formula One (F1) Ayrton Senna.

Mesin supercar ini sendiri dikabarkan tak bisa dikatakan sebagai barang bekas. Pasalnya, sejak diciptakan, Ferrari memfungsikannya sebagai pajangan dan belum pernah dimasukkan ke dalam bodi dari 458 Italia.

Meski begitu, RM Sotheby’s menjelaskan bahwa mesin 458 Italia itu memiliki berbagai seluruh komponen yang diperlukan untuk dapat membuatnya berjalan. Karena itu, sang pembeli mesin tersebut bisa memiliki dua pilihan yaitu lanjut memajang dan menikmati ‘pemandangannya’ atau menaruh di mobil mana pun yang ia mau.

Mesin 458 Italia bisa dikatakan sebagai salah satu milestone bagi Ferrari. 458 Italia merupakan penerus dari F430, tapi mesinnya tidak memiliki lagi satu komponen pun dari pendahulunya.

Ini juga menjadi sistem penggerak delapan silinder atau V8 terakhir yang memiliki spesifikasi naturally aspirated. Generasi mesin V8 setelahnya, seperti yang dipakai di 488 GTB, sudah menggunakan turbocharger.

Mesin 458 Italia berkapasitas 4.5 Liter dengan gelontoran tenaga 562 hp plus torsi 540 Nm. Putaran mesinnya bisa mencapai 9.000 rpm.

Sistem penggerak 458 Italia juga mendapatkan pengakuan internasional. Pada ajang International Engine of The Year Awards pada 2011, ada dua kategori yang dimenangkannya yaitu ‘Above 4-litre’ serta ‘Best Performance Engine’. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support