Amdes Dijadikan Nama Anak untuk Kenang Jasa Mobil Perdesaan

Berita Otomotif

Amdes Dijadikan Nama Anak untuk Kenang Jasa Mobil Perdesaan

BANTEN - Pasangan suami-istri di Lebak, Banten, memutuskan akan memanggil anak mereka yang baru lahir dengan nama Amdes. Ini dilakukan demi mengenang jasa mobil perdesaan yang juga bernama AMMDes (Alat Mekanis Multiguna Perdesaan).

AMMDes, yang meluncur sejak April 2019, di daerah itu memang difungsikan sebagai ambulance feeder. Kendaraan tersebut merupakan sumbangan dari USAID karena jarak antara desa dengan Puskemas cukup jauh, dengan kondisi jalanan masih buruk.

Paini, 27, merupakan salah satu warga yang merasakan jasa AMMDes versi ambulance feeder itu. Ia melakukan persalinan di dalam kendaraan tersebut dalam perjalanan menuju Puskesmas Kecamatan.

“Pada Rabu (25/9/2019) kemarin, Ibu Paini yang sedang hamil tua telah melahirkan di dalam AMMDes sebelum mencapai Puskesmas Kecamatan. Alhamdulillah, Ibu dan bayi selamat,” kata Irwan Julianto, Anggota Dewan Penasihat USAID di dalam akun media sosialnya, seperti diterangkan dalam keterangan pers resmi Kementerian Perindustrian pada akhir pekan ini.

Bayi lahir sehat pada pkl.12.11 WIB. Beratnya mencapai 3,2 kg, dengan tinggi 47 cm.

Uniknya, menurut Irwan, orang tua bayi memutuskan untuk memanggilnya Amdes yang terinspirasi dari AMMDes. Panggilan ini merupakan akronim dari Ahmad Deswanto.

Mengetahui adanya informasi tersebut, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengaku terharu. Selain itu juga dirinya merasa bangga karena AMMDes benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pedesaan.

“Pengembangan AMMDes ambulance feeder ini memang bertujuan agar bisa membantu masyarakat pedesaan dalam upaya pelayanan transportasi kesehatan. Semoga ini juga bisa dimanfaatkan di daerah-daerah lainnya,” kata Putu di Jakarta.

Pada Juli lalu, Kemenperin bersama Pemerintah Kabupaten Lebak, USAID Jalin, PT. Samudera Marine Indonesia, PT. Kreasi Mandiri Wintor Indonesia dan PT. Kreasi Mandiri Wintor Distributor telah menandatangani kerja sama untuk program ‘Pilot Project Peningkatan Pelayanan Transportasi Rujukan Kesehatan melalui pemanfaatan AMMDes Pengumpan Ambulans’ di Lebak, Banten. Program pilot project itu, terang Putu, adalah usaha meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui program Jemput Antar Ibu Hamil dan Bersalin Bermasalah (Jamilah) yang diperkenalkan sejak tahun 2017.

AMMDes punya beragam fungsi dan aplikasi khususnya untuk aktivitas usaha perdesaan. Jumlah aplikasinya akan coba dikembangkan terus untuk lebih membantu perekonomian desa. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar