Melihat Gagahnya Tampilan Wuling Hong Guang X

Mobil Baru

Melihat Gagahnya Tampilan Wuling Hong Guang X

CHENGDU – Wuling Hong Guang X, yang diperkenalkan secara resmi di Chengdu Motor Show 2020, punya tampilan amat macho dan gagah.

Chengdu Motor Show 2020 berlangsung sejak 24 Juli hingga 2 Agustus mendatang. Saat sebagian besar pameran otomotif dibatalkan atau diundur karena pandemi virus Corona (Covid-19), pameran ini tetap berlangsung dengan berbagai protokol kesehatan yang ketat, penyemprotan disinfektan secara rutin, hingga pemantauan terhadap jumlah pengunjung.

Adapun Hong Guang X, seperti dilaporkan Carscoops baru-baru ini, merupakan purwarupa sport utility vehicle (SUV) dari Wuling yang menggunakan konsep bahasa desain ‘Wing Dynamic Aesthetic’. Mobil tersebut punya lekuk-lekuk bodi mengotak yang amat ‘berotot’. Konon, versi produksi massalnya kelak berpenampilan tak jauh dari itu.

Pada bagian depan, terdapat gril berwarna hitam mengkilat, light bar (pencahayaan dengan bentuk memanjang) dengan lampu LED, juga Day-Time Running Light (DRL) berbentuk ‘X’. Bemper pada bagian bawah fascia depan juga cukup besar serta memiliki bentuk amat menonjol.

‘Kejantanan’ Hong Guang X juga terlihat sekali dari samping. Nuansa maskulin muncul secara harmonis dari garis-garis bodi dengan sudut tajam, over fender mengotak, aksen hitam di sekeliling kaca, pilar A perak, pilar C merah—sewarna bodi, dan pelek besar berwarna hitam kelam.

Bagian buritannya memiliki desain tegak dengan spoiler belakang yang menjulur keluar dari bagian atap. Seperti di bagian depan, di belakang terdapat pula light bar LED. Lampu belakangnya juga sudah LED dengan bentuk ‘X’.

Sayang, gambar-gambar yang tersedia hanya pada aspek eksterior. Penampakan interiornya, karena itu, belum terungkap.

Hong Guang X bakal menjadi SUV berkapasitas tujuh penumpang. Pemberitaan dari media di China menjelaskan bahwa versi produksinya kemungkinan akan meluncur pada 2021, tanpa merincikan lebih lanjut mengenai bulan maupun tanggal.

SUV maskulin ini kelak menjadi senjata Wuling, merek hasil aliansi antara SAIC Motor dengan General Motors, untuk menjadi merek global. Belum ada informasi mengenai negara-negara di luar China yang nantinya akan disambangi oleh Hong Guang X. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar