Mazda6 dan CX-3 Tetap Mengaspal di Indonesia

Berita Otomotif

Mazda6 dan CX-3 Tetap Mengaspal di Indonesia

JAKARTA – Mazda6 dan CX-3 tetap dipasarkan di Indonesia meskipun telah dinyatakan penghentian produksinya di Amerika Serikat.

Sekadar informasi, Mazda USA melansir press release mengenai penghentian penjualan dua model tersebut di atas. Namun hal ini tidak berpengaruh pada pasar Tanah Air dan keduanya tetap bisa melayani konsumen setianya.

Mazda Indonesia di bawah naungan PT Eurokars Motor tetap menawarkan kedua model ini. Bahkan belum lama ini, PT EMI baru memasarkan CX-3 versi 1.5-L.

“Penghentian penjualan kedua model tersebut hanya berlaku untuk pasar Amerika, sementara untuk pasar Indonesia. Kedua model tersebut akan terus kami pasarkan, mengingat bahwa pasar Indonesia, memiliki karakter pelanggan yang berbeda dengan karakter pelanggan di Amerika Serikat” ungkap Ricky Thio, Managing Director PT EMI.

Mazda CX-3 Sport 1.5-L yang dipasarkan pada awal 2021 dikatakan mendapat respon positif dari masyarakat Tanah Air. Selain itu, Mazda6 dengan kesan premiumnya disebutkan telah memiliki posisi tersendiri di hati para penggemarnya.

New Mazda CX-3 SPORT 1.5 L, menggunakan mesin Skyactiv-G 1.5 L yang berkapasitas 1.500cc. Jantung mekanis 4-silinder segaris berkapasitas 1.496 cc, dengan limpahan tenaga puncak sebesar 111 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 144 Nm pada 4.000 rpm.

Produk baru dari PT EMI ini tetap menggunakan transmisi otomatis Skyactive-Drive 6-speed. Sumber daya mesin tersebut disalurkan pada dua roda depan seperti model-model Mazda sebelumnya.

“Model tersebut diakui sangat digemari oleh pasar Indonesia, terutama new Mazda CX-3 Sport 1.5-L yang baru kita perkenalkan. Selain dimensinya yang kompak, desain yang menarik serta dukungan fitur-fitur unggulan terbaik di kelasnya dan performa menyenangkan, membuat produk kami ini mendapatkan tempat tersendiri di penggemarnya,” tutur Ricky.
Mazda6 dan Mazda CX-3

Ia menambahkan bahwa Mazda6 Elite dan Mazda6 Elite Estate memiliki penggemar setianya. Terlebih Mazda6 Estate dikatakan tidak mempunyai saingan di kelasnya.

Mesin SKYACTIV-G 2.5 yang digunakan pada new Mazda6 Sedan dan Estate di Indonesia juga, memperoleh beberapa pengubahan, antara lain blok silinder aluminium-alloy dikurangi bobotnya, sehingga mampu mengurangi getaran.

Port intake telah didesain ulang dan bentuk piston juga mendapatkan perubahan. Nozzle dari multi-hole injector juga didesain ulang, serta tekanan semprotan bahan bakar ditingkatkan. Coolant control valve menjadikan proses pemanasan mesin juga semakin efisien. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar