Mazda Enggan Jual Lagi MPV Murah Sekelas Xpander dan Avanza

Berita Otomotif

Mazda Enggan Jual Lagi MPV Murah Sekelas Xpander dan Avanza

BANDUNG – Mazda kemungkinan besar tidak akan lagi menjual multi purpose vehicle (MPV) berharga terjangkau di Indonesia', setelah VX-1 mereka suntik mati beberapa tahun lalu.

Sekadar mengingatkan, dahulu Mazda punya VX-1 merupakan MPV Rp 200 juta-an yang meluncur di Indonesia pada 2013. MPV ini adalah versi ganti logo (rebadge) dari Ertiga dan diproduksi oleh pabrik Suzuki di Indonesia.

Umur VX-1 sendiri relatif singkat. Model di segmen low MPV yang sekarang berisi model-model seperti Ertiga, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, maupun Mitsubishi Xpander itu setop dijual pada awal 2017.

“Kalau bicara VX-1, itu dulu memang karena ada arahan dari Mazda Corporation untuk bekerja sama dengan Suzuki. Di Jepang, Mazda sendiri punya kei car atau mobil kecil yang merupakan rebadge dari produk-produk lain hasil kerja sama,” ucap Fedy Dwi Parileksono, Head of Public Relations and Media Communications PT. Eurokars Motor Indonesia menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam uji kendara Mazda CX-30, belum lama ini di Lembang, Bandung.

Ia lalu mengatakan fokus utama Mazda sekarang ada di tiga segmen yaitu sport utility vehicle (SUV), crossover, dan sedan. MPV tak lagi dilirik oleh pabrikan otomotif asal ‘Negeri Sakura’ tersebut.

“Kemungkinan besar Mazda enggak akan lagi bermain di segmen MPV, baik medium MPV apalagi low MPV,” tandasnya.

Beralih ke SUV Murah?
SUV berbanderol relatif terjangkau dengan rentang harga Rp 200 - 300 juta sendiri saat ini makin naik daun di Indonesia. Akan tetapi, Fedy mengaku bahwa Mazda sejauh ini belum berpikir ke arah sana.

“Kami masih berkonsentrasi dengan produk-produk yang ada sekarang. Mazda lebih memilih bikin model global karena berhubungan dengan efisiensi biaya dan lain-lain. Hanya saja produk itu akan disesuaikan dengan pasar lokal. Jadi lebih bermain di kelengkapan fitur,” papar Fedy.

SUV-SUV terkini Mazda bermain di segmen menengah ke atas. CX-3, SUV termurah Mazda, saja bermain di rentang harga Rp 400 juta-an.

Mazda sudah menjual lima model SUV di Tanah Air. Selain CX-3, ada CX-30, CX-5, CX-8, dilanjutkan dengan CX-9.

“Kalau dilihat dari segmen harga, Mazda, di Indonesia, dimulai dari sekitar Rp 280 juta untuk Mazda2 (hatchback) tipe terendah sampai segmen tertinggi yaitu CX-9 di Rp 900 juta-an,” tutup Fedy. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar