Virus Corona Belum Ganggu Suplai Mobil Mazda ke Indonesia

Berita Otomotif

Virus Corona Belum Ganggu Suplai Mobil Mazda ke Indonesia

BANDUNG – Virus Corona belum menyumbat distribusi mobil-mobil Mazda ke Indonesia, menurut salah satu eksekutif distributor resmi merek tersebut.

Seperti diketahui, dunia saat ini sedang dilanda wabah virus Corona. Wabah dimulai dari Wuhan, China dan terus menjalar ke puluhan negara berbagai benua.

Ekonomi global terpengaruh karena tersendatnya berbagai sektor industri, termasuk industri perakitan di bidang otomotif di beragam negara. Berbagai ajang otomotif dunia juga sudah ditunda, mulai dari Grand Prix Formula One (F1) China, Beijing Motor Show 2020, sampai yang terkini adalah Geneva Motor Show 2020.

Wabah ini memang belum sampai ke Indonesia. Kendati begitu, rasa was-was sudah hinggap di para pelaku usaha, antara lain Honda, karena cemas akan dampaknya terhadap rantai suplai komponen untuk mobil rakitan lokal maupun terhadap kelancaran impor unit utuh (Completely Built-Up/CBU) model-model tertentu, jika wabah berlangsung dalam jangka panjang.

Di antara berbagai merek mobil yang bermain di Indonesia, ada Mazda yang masih tergantung sepenuhnya dari impor CBU. Sang distributor resmi, PT. Eurokars Motor Indonesia (EMI), mendatangkan model-model Mazda dari pabrik yang berlokasi di Jepang, Thailand, serta yang paling dekat adalah Malaysia.

Akan tetapi, penjualan Mazda di Nusantara sejauh ini diklaim masih belum terdampak wabah virus Corona. Impor CBU maupun impor suku cadang untuk aktivitas purnajual masih berjalan seperti biasa.

“Sejauh ini, sih, belum ada kabar mengenai ketersendatan impor suku cadang atau yang lainnya dari Mazda Motor Corporation. Mereka belum mengabari mengenai hal ini. Selama belum ada pernyataan resmi dari mereka, kami merasanya masih baik-baik saja,” ucap Fedy Dwi Parileksono, Head of Public Relations and Media Communications EMI menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam uji kendara Mazda CX-30, 26 – 27 Februari di Lembang, Bandung.

Sepengetahuan Fedy, pabrik-pabrik Mazda di tiga negara yang menyuplai kendaraan-kendaraan untuk Indonesia masih berjalan. Ia masih mengamati segala perkembangan mengenai wabah virus dengan nama resmi ‘Covid-19’ dari World Health Organization (WHO) tersebut.

“Bukannya kami yakin banget (virus Corona) bakal tidak ada dampak. Tapi sejauh ini belum ada informasi soal itu dari Mazda Motor Corporation. Kalau ada, pasti kami juga akan alert (sigap) dan mencari jalan keluar. Akan tetapi, sejauh ini hal-hal seperti impor suku cadang dan segala macam masih berjalan seperti biasa,” papar dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar