Mazda akan Puasa Luncurkan Model Baru

Berita Otomotif

Mazda akan Puasa Luncurkan Model Baru

TOKYO - Mazda akan menghentikan sementara peluncuran model baru di seluruh dunia.

Hal ini karena mereka tengah mengembangkan sebuah platform baru yang akan dikenalkan pada Maret 2023. Beragam keunggulan akan disematkan dan diharapkan platform terbaru tersebut akan meninglatkan penjualan mereka di masa depan.

Sebagai awalan adalah mesin Skyavtiv-X yang dikenalkan tahun lalu. Meski mesin ini merupakan berbahan bakar bensin, namun ia menggunakan teknologi pembakaran yang sebelumnya hanya ditemukan pada mesin diesel dan mampu membakar bensin dalam suhu lebih rendah. Hasilnya adalah mesin yang memberikan penghematan bahan bakar namun menyediakan tenaga serta torsi lebih baik.

Sayangnya, tidak banyak pelanggan yang kemudian langsung memilih model dengan mesin tersebut. Berdasarkan Nikkei Asian Review, tercatat hanya 4% dari total penjualan Mazda3 yang memilih teknologi ini. Sementara untuk Mazda CX-30 hanya terjual 2% dari total penjualan.

Mazda sendiri sebenarnya masih akan meluncurkan mobil listriknya yaitu MX-30 pada Maret 2021. Namun kendaraan tersebut diperkirakan hanya akan terjual dalam jumlah kecil mengingat populasi kendaraan listrik memang terbilang masih kecil.

Meski demikian, Mazda akan diharapkan tetap melakukan ubahan terhadap modelnya saat ini, setidaknya ubahan facelift. Hal ini perlu untuk menjaga minat pelanggan terhadap mobil Mazda di dunia. Selain itu, Mazda juga diharapkan menambahkan fitur-fitur keselamatan baru untuk model-modelnya hingga platform mereka siap.

Tentunya, keputusan Mazda untuk tidak melahirkan model baru dalam beberapa waktu ke depan akan memberikan tantangan tersendiri. Namun bila platform baru sudah keluar, maka bukan tidak mungkin Mazda akan langsung menjadi pendobrak di industri otomtif. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support