Di Masa Mendatang Body Mobil Mazda Menggunakan Bahan Plastik

Berita Otomotif

Di Masa Mendatang Body Mobil Mazda Menggunakan Bahan Plastik

TOKYO – Kendaraan ramah lingkungan sudah tidak terbatas pada konsumsi bahan bakarnya saja tapi juga bahan yang digunakan.

Hal ini disadari oleh Mazda yang mengembangkan bioplastik untuk menjadi bagian dari eksterior kendaraannya. Bioplastik yang digunakan tersebut memanfaatkan plastik berbahan tanaman sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan menggunakan bahan-bahan turunan minyak bumi.

Mazda telah melakukan penelitian tentang penggunaan bioplastik untuk keperluan dunia otomotif selema bertahun-tahun. Bioplastik pertama kali digunakan untuk bagian interior dengan ukuran yang sangat kecil di Mazda MX-5 Miata. Bioplastik pun kemudan perlahan digunakan pada Mazda2, Mazda 3 dan Mazda CX-9.

Namun, perkembangan teknologi yang semakin maju membuat Mazda berhasil membuat bioplastik untuk menjadi bagian eksterior. Menariknya, meski belum di cat, namun komponen tersebut sudah halus dan apik.

Selain mengurangi penggunaan minyak bumi, Mazda juga mengatakan proses ini dapat mengurangi produksi karbondioksida dan bahan kimia yang mudah menguap lainnya. Dengan demikian tak hanya produknya tapi proses pengerjaannya juga ramah lingkungan.

Penggunaan bioplastik ini nantinya akan digunakan pada grille Mazda CX-5 namun tidak menutup kemungkinan ke depan akan ada lebih banyak bahan bioplastik yang digunakan. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual