Maserati MC20 Siap Masuk Indonesia Awal 2021, Harga Rp 9 Miliar

Mobil Baru

Maserati MC20 Siap Masuk Indonesia Awal 2021, Harga Rp 9 Miliar

JAKARTA – Maserati resmi mengenalkan model terbaru mereka yaitu MC20.

MC20 diklaim sebagai mobi sport dengan aerodinamika yang maksimal. Dilengkapi dengan mesin mesin Nettuno berkonfigurasi V6 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 621 hp dan torsi puncak 730 Nm. Untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam, mobil ini hanya perlu waktu kurang dari 2,9 detik. Sementara untuk kecepatan tertinggi dari mobil ini adalah 325 km/jam.

Nettuno, menjadi mesin pertama dalam babak baru sejarah pabrikan berlogo Trident ini yang  merupakan mesin V6 twin turbo untuk MC20. Mesin ini menandakan kembalinya Maserati dalam memproduksi jantung pacu sendiri, usai beristirahat selama lebih dari 20 tahun.

MC20 adalah mobil yang ringan dengan bobot total di bawah 1.500 kg. Dengan ini maka rasio berat dengan tenaga menjadi hanya 2,33 kg/hp. Hasil ini dicapai melalui penggunaan material pilihan, sekaligus memanfaatkan seluruh keunggulan serat karbon tanpa mengorbankan kenyamanan.

Maserati MC20
Desain mobil dibuat sedemikian rupa untuk meningkatkan aerodinamika kendaraan. Pengembangan MC20 dilakukan dengan melibatkan berbagai tim seperti tim insinyur dari Maserati Innovation Lab, para spesialis teknis Maserati Engine Lab dan para desainer dari Maserati Style Center.

Adapun sistem pengembangan kendaraan dilakukan secara virtual (Virtual Vehicle Dynamics Development). Termasuk penggunaan salah satu simulator hasil pengembangan Maserati Innovation Lab yaitu Virtual Car.

Metode ini memungkinkan tingkat kepresisian 97% tes dinamis, sehingga mengoptimalkan waktu pengembangan. Mobil kemudian disetel melalui sesi uji coba di trek dan jalanan dalam berbagai kondisi penggunaan yang bervariasi.

Rekayasa aerodinamika dirancang selama lebih dari dua ribu jam kerja dalam Terowongan Angin Dallara, termasuk lebih dari seribu simulasi CFD (Computational Fluid Dynamics). Hasilnya, mobil memiliki garis tubuh yang ramping.

Sementara pada sisi interior, bentuk kabin dibuat sederhana. Namun tampilannya tetap menarik karena tetap menampilkan sudut-sudut tajam, serta minim distraksi. Mobil ini juga telah terpasang dua layar berukuran 10 inci,  satu untuk kokpit dan satu lagi untuk Maserati Touch Control Plus (MTC Plus MIA).

Beragam fitur lain telah terpasang, seperti charger smartphone nirkabel, kenop pemilih mode mengemudi (GT, Wet, Sport, Corsa dan ESC Off), dua tombol pilihan kecepatan, kontrol power window, kontrol peranti multimedia serta kompartemen penyimpanan praktis tepat di bawah sandaran tangan. Sementara tombol pengontrol lainnya ada di lingkar kemudi.

Mobil ini akan mulai diproduksi pada akhir tahun 2020 dan akan tiba di Indonesia sekitar bulan Januari atau Februari tahun depan. Sementara harga diperkirakan akan mencapai Rp 9 miliar (off the road). [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar