Logo Baru Nissan Jalani Debut Lewat SUV Listrik Ariya

Berita Otomotif

Logo Baru Nissan Jalani Debut Lewat SUV Listrik Ariya

YOKOHAMA – Logo baru Nissan akhirnya mulai menempel di gril kendaraan pabrikan otomotif asal Jepang itu.

Nissan menyematkan logo teranyar mereka pada Ariya. Sport utility vehicle (SUV) listrik ini sendiri menjalani debut global pada Rabu (15/7/2020).

Produsen mobil yang berpusat di Yokohama itu terakhir kali mengganti logo 20 tahun silam. Lambang termutakhir mereka, yang pernah muncul sekilas dalam Tokyo Motor Show 2019, merefleksikan ‘perubahan signifikan pada masyarakat dalam dua dekade terakhir’.

Nissan juga mendeskripsikannya sebagai ‘imajinasi ulang dari simbol merek ikonik Nissan untuk sebuah tahapan yang baru’.

Bukan hanya Nissan yang memberikan debut bagi logo baru mereka di sebuah mobil listrik. Sebelumnya, Chevrolet pun melakukan hal yang sama.

Pada akhir Mei 2020, Nissan mengumumkan bahwa mobil listrik akan menjadi fokus mereka di pasar global. Selain itu, mereka hanya berkonsentrasi mengembangkan maupun memproduksi kendaraan bermesin konvensional untuk kelas menengah ke atas.

Nissan secara bertahap juga akan mengurangi lini produk global dari 69 menjadi kurang dari 55 model. Di sisi lain, ada rencana agresif meluncurkan 12 model dalam satu tahun ke depan.

Logo Nissan sekarang menjadi dua dimensi, tak lagi tiga dimensi seperti pendahulunya. Logo itu, plus nama perusahaan dengan font sans-serif yang tetap berada di tengah lingkaran, mendapatkan pencahayaan khusus.

Sebagai efeknya, logo pun terlihat sedikit lebih tebal. Nissan mengatakan bahwa secara keseluruhan, desain lambang baru mereka menggambarkan ‘transisi dari nuansa industrial yang kaku menjadi penampakan yang halus, familiar, dan terlihat lebih digital’.

Melaluinya, Nissan ingin memberikan sinyal bahwa mereka saat ini bukan hanya perakit kendaraan. Korporasi yang satu aliansi dengan Renault plus Mitsubishi tersebut juga bertindak sebagai penyedia layanan mobilitas.

Lebih lanjut, logo baru Nissan mulai Juli ini akan mulai muncul dan dipakai dalam dunia digital maupun fisik. Seluruh mobil listrik Nissan setelah Ariya bakal menampilkan logo tersebut, yang diterangi oleh sekitar 20 lampu LED kecil.

Logo bakal terlihat pula di berbagai medium mulai dari kepala surat, dealer-dealer, sampai pada kampanye digital di sosial media. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar