Mobil Listrik Baru Nissan Meluncur di Indonesia 2024, Diduga SUV Ariya

Berita Otomotif

Mobil Listrik Baru Nissan Meluncur di Indonesia 2024, Diduga SUV Ariya

TANGERANG – Nissan berencana meluncurkan mobil listrik lagi di Indonesia, dua tahun dari sekarang. Petunjuk yang diberikan sementara mengarah pada Nissan Ariya.

Jenama asal Jepang tersebut kini baru menjual satu mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) di Indonesia yaitu Nissan Leaf. Peluncurannya terjadi lebih dari setahun lalu, tepatnya pada Agustus 2021.

Head of Retailer PT. Indomobil Multi Trada Susilo Darmawan (IMT) mengungkapkan Indomobil Group sebagai agen pemegang merek Nissan di Indonesia berencana memboyong satu mobil listrik lagi. Tapi, hal itu baru akan dilakukan dua tahun dari sekarang, tepatnya pada 2024.

mobil listrik Nissan Ariya

“Pada 2024 ada satu model lagi EV yang high spec (berspesifikasi tinggi). SUV (sport utility vehicle). Sepertinya Ariya, saya tidak mengetahui terlalu detail,” kata dia merespons pertanyaan Mobil123.com di Serpong, Tangerang pada 25 Oktober 2022.

Sekadar informasi, IMT merupakan mitra diler utama dari Nissan di Indonesia. Seperti terlihat dari namanya, korporasi tersebut masih bagian dari kelompok bisnis raksasa Indomobil Group.

Nissan sendiri hingga kini hanya memiliki satu mobil listrik berjenis SUV untuk pasar global yaitu Ariya. Belum diketahui, apakah di rentang dua tahun ke depan bakal ada SUV nihil emisi gas buang lain yang direncanakan meluncur.

Ariya menjalani debut global pada Juli 2020, di tengah pandemi Covid-19. Ini sekaligus menjadi model pertama yang memajang desain logo terbaru Nissan.

mobil listrik Nissan Ariya

Dapur pacu Ariya menggendong dua opsi baterai berbeda (65 kWh dan 87 kWh), dengan dua pilihan sistem penggerak roda yang berlainan pula (2WD serta 4WD). Dengan demikian, secara total ada empat varian yang disediakan oleh Nissan.

Jarak tempuhnya, dalam kondisi baterai terisi penuh, antara 450-580 km—tergantung varian. Fitur-fiturnya antara lain sistem pengemudian otonom ProPilot 2.0, Intelligent Around View Monitor, Intelligent Forward Collision Warning, Intelligent Emergency Braking dan Rear Automatic Emergency Braking.

Nissan sendiri merupakan salah satu pionir pasar mobil listrik dunia. Leaf, ketika menjalani debut global 2010 silam, menorehkan sejarah sebagai mobil listrik pertama yang diproduksi serta dijual secara massal. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar