Libur Idul Adha, Arus Kendaraan ke Luar Kota Bisa Naik di Tengah Pandemi

Berita Otomotif

Libur Idul Adha, Arus Kendaraan ke Luar Kota Bisa Naik di Tengah Pandemi

JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memprediksi pelonjakan arus kendaraaan ke luar kota pada akhir pekan besok karena libur panjang Hari Raya Idul Adha. Puncak arus mudik di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) ini diperkirakan terjadi pada Kamis (30/7/2020).

Seperti diketahui, Idul Adha tahun ini akan jatuh pada Jumat (31/7/2020). Ini menyebabkan adanya libur akhir pekan panjang di Indonesia.

Komisaris Besar Polisi Rudi Antariksawan, Kepala Bagian Operasional Korps Lalu Lintas Polri, memprediksi peningkatan lalu lintas kendaraan selama momen tersebut. Libur tiga hari di akhir pekan, menurut dia, berpotensi dimanfaatkan masyarakat untuk bersilaturahmi ke kampung halaman, ke tujuan-tujuan wisata, atau berkegiatan terkait Idul Adha.

“Tentunya masyarakat ini akan memanfaatkan waktunya karena dengan lebaran kemarin idul Fitri tidak bisa mudik dan pasti akan dimanfaatkan masyarakat.” katanya beberapa waktu lalu di pintu keluar Tol Brebes Timur seperti dikutip dari situs NTMC Polri.

Perkiraan puncak arus mudik adalah H-1 hari raya yaitu 30 Juli. Adapun puncak arus balik kemungkinan besar terjadi pada hari terakhir libur pada 2 Agustus.

Kepolisian, lanjut dia, sudah menyiapkan pola-pola penjagaan, pengaturan, rekayasa lalu lintas. Skenario-skenario tersebut bakal dijalankan secara situasional dengan melihat kepadatan atau lonjakan arus yang terjadi di lapangan.

“Kami tetap antisipasi baik itu di jalur tol, arteri, maupun tempat wisata,” tegas Rudi.

Aparat keamanan telah melakukan pantauan jalur arteri plus tol jelang libur Idul Adha pada Kamis 23 Juli kemarin. Kombes Pol Rudi Antariksawan dan rombongan melakukan pemantauannya menyusuri jalur arteri dan Tol Cikampek Utama-Cikopo-Palimanan-Pejagan-Brebes Timur-Kalikangkung hingga wilayah Jawa Timur. Ini juga dilakukan terkait dengan Operasi Patuh Jaya 2020.

“Kebetulan bertepatan dengan Operasi Patuh Jaya yang mulai digelar 23 Juli hingga 5 Agustus 2020, sekaligus kami mempersiapkan untuk Lebaran Idul Adha yang jatuh pada Jumat 31 Juli,” tukas Rudi.

Tidak hanya pengamanan arus, pendisiplinan protokol kesehatan pun nantinya dilakukan. Bentuknya edukasi, preemtif, dan preventif untuk mendisiplinkan masyarakat.

“Gunakan masker, jaga jarak. Kegiatan yang bersifat untuk mencegah penularan Covid-19 terus kita lakukan,” jelasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar