Staf Dealer BMW Astra Rutin Rapid Test Corona di Masa New Normal

Berita Otomotif

Staf Dealer BMW Astra Rutin Rapid Test Corona di Masa New Normal

JAKARTA – New normal membuat bisnis kembali berjalan di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), termasuk layanan penjualan dan purnajual dealer-dealer mobil. Untuk memastikan kenyamanan para konsumen, dealer-dealer BMW Astra menerapkan banyak standar baru pelayanan termasuk rapid test bagi seluruh staf.

Pemerintah Indonesia memberlakukan new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru mulai Juni kemarin secara bertahap. Ini membuat roda perekonomian bisa berputar lagi, sejak pandemi menerpa Tanah Air pada Maret dan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Aprilnya.

Jaringan dealer BMW Astra menyadari situasi pandemi belum mereda dan para pemilik mobil merek Jerman itu masih penuh kekhawatiran. Berbagai standar pelayanan baru mereka terapkan di dealer maupun ketika menyambangi konsumen ke rumah atau kantor.

“Kami coba jawab semua kegalauan dan keinginan pelanggan-pelanggan kami,” kata Fredy Handjaja, CEO BMW Astra dalam konferensi pers virtual di Jakarta.

Banyak prosedur tambahan yang digelar oleh 8 dealer BMW Astra seluruh Indonesia. Di setiap pintu masuk outlet diletakkan hand sanitizer, para pengunjung juga akan diminta mengukur suhu tubuh dan melakukan check-in melalui QR Code.

“Karena kami butuh tahu siapa saja yang ada di dealer kami pada hari, tanggal tertentu. Jadi, kalau terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan, kami bisa menelusurinya dengan mudah. Ini tak boleh dianggap remeh, kami harus tahu siapa saja yang ada di dealer kami,” kata dia.

BMW Astra menetapkan protokol kesehatan pada tiap proses dalam dealer yang menciptakan interaksi antara staf dengan pelanggan. Seperti di sektor serah-terima kunci ketika servis maupun pembayaran.

“Serah-terima kunci saat servis dilakukan melalui kotak sterilisasi. Kemudian, ketika melakukan pembayaran misalnya dengan kartu, kami akan membersihkannya dengan alkohol sebelum digunakan dan setelahnya akan dilap lagi dengan alkohol,” papar Fredy.

Perangkat-perangkat minum di bar maupun lounge menjalani sterilisasi 3 tahap dengan steam suhu tinggi, perangkat ozonisasi, plus sinar UV. Area dealer dibersihkan tiap 4 jam sekali dengan cairan kimia khusus yang menurut institusi Amerika Serikat bisa membunuh Covid-19 di dalam ruangan plus aman untuk makanan. Masker para staf diganti per 4 jam pula.

“Kami bekali para staf dengan vitamin C setiap hari dan hand sanitizer. Kami juga melakukan rapid test teratur pada seluruh staf,” lanjutnya.

Kendaraan, baik kendaraan baru untuk diantar konsumen maupun yang sudah diservis, bakal dibersihkan dengan disinfektan kemudian disegel. Ini untuk memastikan bahwa tidak ada lagi orang yang masuk ke mobil setelah proses itu.

Di sektor penjualan, keterangan mengenai produk bisa didapat tak hanya dari staf penjualan. Calon pembeli bisa mengetahuinya via video komprehensif yang diakses via QR Code.

Protokol Kunjungan ke Konsumen
Para staf dealer, saat berkunjung ke rumah atau kantor konsumen untuk test drive, Home Service, maupun appraisal, akan menggunakan masker plus membawa alat pendeteksi suhu badan. Temperatur badan staf plus konsumen akan dicek terlebih dahulu. Kunci mobil diserahterimakan melalui boks sterilisasi dengan sinar UV.

Mereka juga dilengkapi Care Kit yang antara lain berisi hand sanitizer, tissue alkohol, air disinfektan, dan kantung plastik sampah khusus. Setelah selesai, kendaraan akan dibersihkan dengan disinfektan.

“Sampai saat ini, tidak ada kenaikan biaya servis dengan adanya protokol-protokol tambahan ini,” tandas Budi Kurniawan, After Sales Manager BMW Astra. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar