60 Persen Lebih Toyota Rush yang Terkena Recall Sudah Diperbaiki

Berita Otomotif

60 Persen Lebih Toyota Rush yang Terkena Recall Sudah Diperbaiki

DENPASAR – Lebih dari separuh Toyota Rush generasi terkini yang terkena recall sudah masuk ke bengkel resmi dan diperbaiki.

Pada pertengahan Juli kemarin, Toyota mengumumkan recall (penarikan dan perbaikan) terhadap sekitar 60 ribu unit Rush produksi September 2017 hingga Februari 2019. Kemudian, pada pekan kedua Agustus atau sekitar sebulan setelahnya sudah ada 22 ribu unit yang masuk ke bengkel.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan bahwa hingga pekan ketiga September unit yang telah mendapat perbaikan telah melewati 60 persen. Namun, ia mengaku belum mendapatkan angka hingga 30 September.

“Saya belum mendapatkan yang hingga akhir September. Angkanya, sih, sudah lewat dari 60 persen yang pasti, ya. Targetnya mudah-mudahan sampai akhir tahun ini kalau bisa 70 – 75 persen atau jika mungkin 80 persen,” ucap dia meladeni pertanyaan Mobil123.com di sela-sela test drive mobil-mobil hybrid Toyota pada 9 – 11 Oktober dengan rute Banyuwangi hingga Bali.

Recall Rush, menurut Anton, sangat terbantu karena modelnya masih terbilang baru karena baru meluncur akhir 2017 dengan distribusi mulai awal 2018. Banyak unit yang masih dimiliki oleh pembeli pertama. Ini sangat membantu dealer-dealer Toyota dalam menghubungi konsumen.

“Masih gampang menghubungi dan sebagian masih masuk ke bengkel resmi kami. Jadi, sewaktu masuk ke bengkel juga bisa langsung diurus (perbaikan komponen recall) sekalian dengan perawatan berkala,” ucap Anton lagi.

Recall Rush sendiri merupakan instruksi dari Toyota Motor Corporation (TMC). Menurut temuan mereka, ada potensi permasalahan pada Electronic Control Unit (ECU) pada Curtain Shield Airbag atau kantung udara samping.

Akibat kesalahan pada ECU, ada kemungkinan airbag mengembang jika mobil menerabas lubang cukup dalam. ‘Saudara kembar’ Rush yaitu Daihatsu Terios tidak terkena recall.

Padahal, kedua model ini merupakan hasil kolaborasi Toyota – Daihatsu dan dibangun dari basis dan komponen sama. Terios aman karena tidak memiliki fitur Curtain Shield Airbag.

Adapun harga Rush, berdasarkan penelusuran Mobil123.com di situs resmi Toyota Indonesia pada awal Oktober, dimulai dari Rp 244.250.000 on-the-road Jakarta. Secara total ada empat tipe dan yang termewah mencapai Rp 265.650.000. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support