Kini Cuma Modal Aksesori, Varian Toyota GR Sport Kelak juga Beda Performa

Berita Otomotif

Kini Cuma Modal Aksesori, Varian Toyota GR Sport Kelak juga Beda Performa

JAKARTA – Varian-varian Toyota GR Sport di Indonesia, ke depannya, tidak hanya berbeda dari sisi tampilan, tapi juga performanya akan dibuat lebih ciamik.

Toyota Indonesia, pada 19 Agustus 2021, resmi memperkenalkan Gazoo Racing (GR) sebagai merek yang membawahi semua produk sport atau sporty. Salah satu produknya adalah varian-varian GR Sport yang berpenampilan lebih sporty dengan modal aksesori-aksesori tambahan pada eksterior.

GR Sport menggantikan TRD Sportivo sebagai varian-varian sporty Toyota di Tanah Air.

Sepanjang tahun ini, Toyota sudah melepas enam varian GR Sport di Indonesia. Ada Raize GR Sport yang mengaspal pada April dan juga Agya GR Sport, Avanza GR Limited, Rush GR Sport, Yaris GR Sport, serta Fortuner GR Sport yang meluncur berbarengan pada 9 Agustus.

Toyota Raize GR Sport

Toyota membeberkan kelak varian-varian GR Sport untuk konsumen Indonesia tidak hanya mengandalkan aksesori. Ini satu dari sekian banyak hal yang membedakannya dengan TRD Sportivo.

“Ke depannya kami ingin mengembangkan juga (varian-varian) GR Sport yang ada items (komponen-komponen) performa. Pastinya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, ya, apakah itu tuning performance, suspension performance, dan lain sebagainya. Akan kami kembangkan terus. Ini, kan, baru mulai,” ujar Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy dalam konferensi pers virtual peluncuran Gazoo Racing.

Gazoo Racing berawal sebagai divisi motorsport Toyota Jepang. Meski baru diresmikan pada April 2015, Gazoo Racing sebenarnya sudah terbentuk sejak 2007, ketika Toyota mengikuti balap ketahanan 24 Hours of Nurburgring dengan Akio Toyoda (saat ini CEO Toyota Motor Corporation) sebagai master driver.

Selain punya GR Sport, Gazoo Racing pun melahirkan model-model tersendiri dengan performa yang berada di level berbeda ketimbang model produksi massal. Produk-produk khusus tersebut untuk sementara ada tiga yakni GR Supra, GR Yaris, GR 86.

Dua nama pertama telah meluncur di Indonesia.

8 mobil Toyota Gazoo Racing di Indonesia 2021

“(Gazoo Racing) tidak hanya bicara sporty line-up tapi total solution atau total product line-up yang lengkap untuk konsumen,” pungkas Anton.

Produk Gazoo Racing lain yang sedang digodok Toyota Indonesia ialah pernak-pernik terkait lifestyle (gaya hidup). Sedang dipikirkan pula pojok khusus di tiap diler resmi untuk Gazoo Racing.

“Itu kami lagi pelajari dan mudah-mudahan dalam waktu dekat kami bisa introduksi. Tapi ini dalam persiapan,” tutup Anton. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar