Kia Terlibat Masalah Internal, Tak Lagi Jadi Anggota Gaikindo

Berita Otomotif

Kia Terlibat Masalah Internal, Tak Lagi Jadi Anggota Gaikindo

JAKARTA – Kia kini tidak lagi menjadi anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Isu yang beredar, mereka terpaksa dikeluarkan dari asosiasi, meski ketika dikonfirmasi kedua belah pihak membantahnya

Gaikindo merupakan organisasi yang menaungi para agen tunggal pemegang merek (ATPM) otomotif di Tanah Air, khususnya di pasar mobil. Selain menjadi jembatan antara pelaku industri otomotif dengan pemerintah, Gaikindo juga diamanatkan oleh Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 79 Tahun 2013 untuk mengumpulkan dan melaporkan data penjualan setiap anggotanya.

Yohanes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo membenarkan Kia tak lagi menjadi anggota sejak Maret. Namun, ia mengaku Gaikindo tidak memecat Kia dan pabrikan asal Korea Selatan tersebut dan proses keluarnya Kia terjadi secara baik-baik.

“Kita tak pernah keluarkan. Yang ada adalah Kia pada Maret kemarin bukan Anggota Gaikindo lagi karena mereka ada masalah internal. Masalah internal itu lagi dibereskan dulu. mudah-mudahan kalau sudah beres nanti akan kembali ke kita,” ujar Nangoi ketika dihubungi Mobil123.com.

Kabarnya, Kia mundur karena tidak bisa membayar iuran rutin sebesar Rp 10 - 15 juta yang menjadi kewajiban setiap anggota Gaikindo. Namun Nangoi menolak mengonfirmasi hal itu. Ia hanya menjelaskan bahwa Kia tidak mengikuti ‘aturan main’ di asosiasi tersebut.

“Karena aturan mainnya enggak bisa diikuti, terpaksa mereka mengundurkan diri dulu,” ucapnya tanpa merincikan soal ‘aturan main’ yang gagal diikuti Kia.

Karena Kia keluar secara baik-baik, Nangoi berharap bahwa hal ini bersifat sementara. Kia akan diterima lagi dengan tangan terbuka jika mereka ingin kembali menjadi anggota Gaikindo begitu problem internal sudah dibereskan.

“Buat kami ini hanya sesuatu yang temporer saja. Mudah-mudahan temporer,” tukas dia.

Kia sendiri tidak lagi menyetor data penjualan mereka kepada Gaikindo. Angka penjualan wholesales terakhir Kia di data adalah periode Januari – Maret.

Saat dimintai keterangan, Ridjal Mulyadi, General Manager Marketing PT. Kia Mobil Indonesia (KMI), menolak menerangkan apakah Kia dikeluarkan atau mundur secara sukarela dari keanggotaan Gaikindo. Hanya saja, ia membenarkan ada persoalan internal dan pihaknya kini sedang melakukan konsolidasi demi membereskannya terlebih dahulu. Setelah masalah internal selesai, Kia akan mengajukan diri lagi menjadi anggota.

“Ini karena kami menganggap keikutsertaan kami di Gaikindo ada manfaatnya dan kami rasakan itu. Setelah masalah kami selesai, kami pasti akan gabung. Saya tak bisa bilang kapan, tapi yang jelas secepatnya. Sekarang kami masih dalam proses konsolidasi internal,” papar Ridjal. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual