All-New Kia Picanto Sulit Dijual di Indonesia Karena Isu Harga

Berita Otomotif

All-New Kia Picanto Sulit Dijual di Indonesia Karena Isu Harga

JAKARTA – All-New Kia Picanto untuk Indonesia “masih dalam studi” karena ada beberapa isu yang mesti dipertimbangkan menyangkut harga jual dan spesifikasinya.

All-New Picanto telah menjalani debut global di Geneva Motor Show pada Maret 2017. Generasi termutakhir dari city car tersebut berubah signifikan, baik dari sisi dimensi, fitur, maupun varian mesin baru.

Theodorus Prawirodihardjo, General Manager Sales and Network Development PT. Kia Mobil Indonesia (KMI), menjelaskan pihaknya masih mempelajari harga jual All-New Picanto jika model ini dipasarkan di Indonesia. Pasalnya, seluruh model Kia di Indonesia masih diimpor utuh dari Korea Selatan sehingga kondisi kurs yang sejak Juni stabil di atas Rp 14.000 per dollar AS sangat mempengaruhi.

“Kami masih studi harga karena terus terang dengan kondisi Picanto yang ada sekarang ini kembali ke masalah kurs rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS). Sekarang kami sangat terpengaruh oleh dollar AS, sih,” ujarnya usai peluncuran Kia Grand Sedona diesel, awal pekan ini di Ancol, Jakarta.

Theodorus menyatakan pula bahwa setelah Grand Sedona diesel, kemungkinan masih ada dua peluncuran lagi di Indonesia tahun ini. Salah satu model itu, kalau jadi mengaspal, bakal menambah line up produk Kia di Indonesia. Picanto sendiri kini sedang berhenti dipasarkan sementara sebagai strategi menangkal depresiasi kurs rupiah.

Makin Susah ‘Main Harga’
Ridjal Mulyadi, General Manager Marketing KMI, menjelaskan spesifikasi All-New Picanto yang sudah cukup tinggi mempengaruhi harga jualnya. Ini sesuai dengan keinginan prinsipal Kia di Korea Selatan yang ingin menaikkan terus kualitas produk dari waktu ke waktu. Kia pun jadi makin sulit ‘main harga’.

“Kami produk global jadi enggak bisa custom untuk Indonesia, jadi mengikuti produk yang sudah dibuat secara global. Kurs saat ini membuat otomotif ada problem juga kan. Belum lagi tahun politik dan segala faktor lain mempengaruhi orang untuk membeli mobil,” papar dia.

All-New Picanto memiliki tampilan lebih tegas dan tajam. Sumbu rodanya diperpanjang 15 mm menjadi 2.400 mm.

Bagasinya diklaim sebagai yang terbesar di kelasnya dengan volume 255 liter. Kia juga memberika insulasi lebih baik, layar 7 inchi, material kabin lebih berkualitas, opsi personalisasi dengan lima paket paduan warna.

Fitur keselamatan aktif maupun pasif makin diperhatikan. Misalnya saja material high-tensile steel dua kali lebih banyak pada bodi plus fitur Autonomous Emergency Braking.

Tipe-tipe mesin bensin 1.0-l naturally aspirated 66hp dan 1.25-l 83 hp masih ada. Sebagai pelengkap, All-New Picanto punya tipe mesin bensin anyar 1.0-l turbocharged 99hp dan 172 Nm di varian baru bernama GT-Line. Adapun pilihan transmisi adalah manual lima percepatan atau otomatis empat percepatan.

Sayang, Ridjal masih tutup mulut seputar tipe mesin mana yang diincar untuk Indonesia. Ia hanya mengatakan akan memilih tipe yang paling sesuai untuk Tanah Air. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support