Mobil Kelas Sultan Ini Sudah Punya Fitur Anti Corona Sejak 2015

Berita Otomotif

Mobil Kelas Sultan Ini Sudah Punya Fitur Anti Corona Sejak 2015

GOODWOOD – Roll-Royce sudah sejak 2015 punya fitur penyaring virus di kabin dan masing terus dikembangkan hingga saat ini, sangat cocok digunakan di masa pandemi Corona.

Mobil papan atas berharga mahal tentu punya fitur lebih lengkap, canggih, dan spesial. Seperti Rolls-Royce, yang membenamkan fitur penyaring virus, termasuk virus Corona (Covid-19), dalam Ghost terbaru.

Rolls-Royce, sejak 2015, sebenarnya sudah punya fitur penyaring dan pembersih udara di dalam kabin. Teknologi penyaring partikel karbon, serbuk sari berbahaya, virus, maupun kontaminan bakteri itu menjadi makin penting bagi mereka di masa pandemi Covid-19.

Perangkat keras maupun lunak pada fitur itu pun disempurnakan. Versi termutakhirnya, menurut Rolls-Royce dalam keterangan resmi mereka baru-baru ini, disematkan pada Ghost terbaru yang memulai debut pada musim gugur 2020.

Fitur tersebut mereka beri nama Micro Environment Purification System (MEPS). Pabrikan mobil-mobil ‘ningrat’ yag bermarkas di Goodwood, Inggris ini mengklaim bahwa teknologi penyaringan yang mereka kembangkan membuat kualitas udara dalam kabin berada di level yang belum pernah ada sebelumnya.

MEPS mengandalkan sensor canggih plus teknologi filtrasi Nanofleece. Impurity Detection Sensors (Sensor Deteksi Kemurnian) diklaim mampu memantau kualitas udara sekitar dengan amat sensitif.

Sensor bakal secara otomatis mengalihkan intake (pipa/jalur masuk) udara segar ke Recirculation Mode (Mode Resirkulasi), jika terdapat kontaminan udara dalam level melebihi batas.

Jika itu terjadi, semua udara kabin akan diarahkan menuju filter Nanofleece. Saringan canggih ini mampu menghilangkan hampir semua partikel ultra-halus, virus, maupun bakteri dari lingkungan mikro Rolls-Royce dalam waktu amat singkat yaitu tak sampai dua menit.

Kecanggihan MEPS tak berhenti sampai di sana. Rolls-Royce membenamkan lagi teknologi kontrol jarak jauh, sehingga pemilik Ghost teranyar dapat menyegarkan dan membersihkan kualitas udara di kabin sebelum masuk mobil hanya dari aplikasi smartphone.

Belum diketahui, kapan MEPS yang dapat pula menyaring virus Corona ini diaplikasikan di model-model Rolls-Royce lain. Merek asal Inggris yang sudah dikuasai oleh BMW Group Jerman itu sendiri punya lima model.

Selain Ghost, mereka memiliki sedan Dawn, Wraith, Phantom, plus sport utility vehicle (SUV) bernama Cullinan yang oleh jurnalis Top Gear disebut sebagai mobil dengan desain amat jelek. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar