Kenali Stres dan Langkah untuk Mengatasinya Sebelum Berkendara

Panduan Pembeli

Kenali Stres dan Langkah untuk Mengatasinya Sebelum Berkendara

JAKARTA - Stres bisa didapatkan karena beragam hal mulai dari bekerja, adanya masalah dan sebagainya.

Permasalahannya, stres dapat mengganggu penilaian dan reaksi seseorang, hal tersebut memberi pengaruh buruk ketika kita mengemudi. Dan akibatnya banyak kejadian di jalan yang kadang berujung dengan perkelahian hingga kecelakaan. 

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi seseorang untuk memahami kondisinya sediri sebelum mengemudi. Tujuannya tentu berhubungan dengan keselamatan selama berkendara.

Berikut adalah ciri-ciri dari orang stres :

  1. Menjadi mudah marah dengan orang disekitar
  2. Merasa terganggu, pelupa atau murung
  3. Merasa ingin kebut-kebutan
  4. Tidak bisa tenang
  5. Mendadak ingin menarik diri dari lokasi sekitar
  6. Nafsu makan hilang atau malah lebih banyak
  7. Lebih banyak merokok atau meminum lebih banyak minuman keras
  8. Otot terasa tegang
  9. Sakit kepala
  10. Merasa sakit
  11. Insomnia
  12. Lebih mudah sakit

Jika ada kondisi tersebut, maka tidak ada salahnya untuk menunda perjalanan dengan mengemudikan kendaraan sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan sebelum mengemudi ketika kondisi sedang stres.

  1. Pergi berjalan-jalan sebentar untuk mendapatkan udara segar dan keluar tekanan di hari tersebut.
  2. Tunggu hingga merasa tenang dan sehat. Mengemudi kendaraan bisa membuat stress khususnya pada jam-jam sibuk. Bila sedang stress, kondisi tersebut akan memperburuk keadaan.
  3. Cobalah untuk fokus dan bernapas dalam-dalam sebelum duduk di kursi pengemudi.
  4. Jika anda merasa sakit karena stress seperti sakit kepala atau sebagainya, pastikan Anda minum banyak air putih dan mencari udara segar.
  5. Tuliskan hal-hal yang membuat Anda stress dan tentukan waktu terbaik untuk mengatasi hal tersebut. Kadang menuliskan apa yang dikhawatirkan justru dapat membantu menjernihkan pikiran.
  6. Jika stress membuat Anda lebih kecanduan alkohol, maka hati-hatilah. Pastikan anda tidak mabuk sebelum mengemudi.
  7. Bila mengalami insomnia, maka pastikan Anda tidak terlalu merasa lelah untuk berkendara. Tidak ada salahnya untuk menunda perjalanan dan istirahat lebih lama agar tetap segar.
  8. Tidak ada salahnya untuk menceritakan kekhawatiran Anda terhadap sesuatu yang menyebabkan stress. Dengan bercerita pada orang lain maka bukan tidak mungkin Anda akan merasa lebih tenang. [Adi/Ari]


Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar