Kenali Tanda Kapan Anda Harus Pensiun dari Mengemudi

Panduan Pembeli

Kenali Tanda Kapan Anda Harus Pensiun dari Mengemudi

FOREST ROW - Kenali tanda kapan Anda harus stop mengemudi, pada kondisi tersebut menjadi penumpang jauh lebih nyaman dan aman tentunya.

Mengemudi di usia senja bukanlah pekerjaan ringan. Pasalnya, mengemudi memerlukan kondisi prima, sementara di usia senja respon refleks umumnya akan berkurang.

Salah satu kasus kecelakaan mengerikan ada di Inggis. Gertrude Listster, pengemudi berusia 95 tahun salah menginjakkan pedal rem menjadi pedal gas. Akibatnya, Ia menabrak pagar dan menyebabkan satu orang meninggal dunia. Akibatnya Lister pun dijatuhi hukuman 16 bulan penjara dan dilarang untuk mengemudi lagi selama sisa hidupnya.

Neil Worth, GEM Road Safety Officer mengatakan bahwa pihaknya sebenarnya ingin menjamin kebebasan berkendara pada semua orang. Namun, hanya bila orang tersebut memiliki kemampuan untuk melakukannya.

“Mulai menurunnya kesehatan berkaitan dengan berkurangnya kemampuan mengemudi secara perlahan dan bertahap pada pengemudi dengan usia lanjut. Hal ini membuat mereka sering melakukan beberapa tindakan yang beresiko baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain saat melakukan perjalanan,” ungkap Neil.

Ia pun menambahkan bahwa dalam hukum di Inggris, pengemudi berusia 70 tahun ke atas harus menunjukkan bahwa mereka dalam kondisi prima untuk mengemudi. Sayangnya tidak ada kewajiban untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sehingga keluarga mereka wajib untuk mengawasi para pengemudi berusia lanjut mereka.

Dan berikut adalah beberapa poin yang bisa dijadikan patokan agar mereka bisa memantau anggota keluarga berusia lanjut di antara mereka.

  1. Kesulitan untuk melihat lampu lalu lintas dan rambu lalu lintas.
  2. Mengalami penurunan dalam mengatasi adanya kendaraan dari samping dan belakang.
  3. Tidak bereaksi saat ada sirine yang mendekat
  4. Reaksi terlalu lambat saat harus melakukan rem mendadak atau berganti arah secara mendadak
  5. Kesulitan membedakan antara pedal gas dan pedal rem
  6. Tidak bisa mengambil keputusan
  7. Mudah terpancing emosinya saat menghadapi hal-hal sepele
  8. Kesulitan untuk memeriksa kondisi sekeliling sebelum berbelok.
  9. Lupa arah di jalan yang biasa dilalui
  10. Sering keluar dari jalur

[Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual