Kawasaki ZX-10R KW Super Hadir di China

Berita Otomotif

Kawasaki ZX-10R KW Super Hadir di China

JAKARTA – Produsen sepeda motor asal China yakni Xinshiji memasarkan Finja 500 yang memiliki desain mirip dengan Kawasaki ZX-10R.

Produsen asal China terkenal lihai dalam meniru desain produk terlaris di dunia. Sudah banyak produk yang ditiru mentah-mentah, sebut saja iPhone, laptop, jam tangan, motor hingga mobil juga dijiplak habis-habisan di sana.

Baru-baru ini pabrikan China kedapatan meniru Kawasaki Ninja ZX-10R. Adalah Xinshiji Finja 500 yang menjiplak desain dari tunggangan Jonathan Rea di kejuaraan World Superbike 2021. Mengambil inspirasi dari ZX-10R, manufaktur asal Tiongkok tersebut bahkan membuat namanya sangat mirip yakni Finja.

Aura Kawasaki Ninja ZX-10R nan sangar dan sporti, menjadi modal Finja untuk mendapatkan kesan yang sama. Motor yang telah menyabet gelar juara dunia Superbike berkali-kali oleh Rea ini, benar-benar dijiplak habis-habisan mulai dari fascia hingga livery.

Hingga saat ini, belum diketahui apakah pihak produsen asal China tersebut telah mengajukan izin terkait desain yang menyerupai ZX-10R tersebut. Namun pada umumnya mereka tidak melakukan upaya apapun terkait izin.

Meskipun tampilannya sangat mirip, namun motor buatan negeri Tirai Bambu tersebut tidak membuat spesifikasi yang sama terkait mesin. Xinshiji Finja 500 menggunakan mesin 500 cc parallel-twin.

Tenaga yang dihasilkan sendiri tidak sebesar dan segahar Kawasaki ZX-10R yang kerap mendominasi kejuaraan WSBK. Motor tiruan ZX-10R ini diklaim hanya mampu menyemburkan daya sebesar 49 hp, jauh dari ZX-10R yang bisa menghasilkan 200 hp.
Kawasaki Ninja ZX-10R

Seperti disebutkan di atas bahwa Finja 500 menjiplak seluruh desain Kawasaki ZX-10R. Salah satunya bisa terlihat pada panel instrumen yang persis dengan motor buatan Jepang tersebut.

Menariknya panel meter Finja 500 terlihat menyajikan rpm hingga 14.000 di angka redline. Meskipun tidak diketahui apakah motor tersebut mampu mencapai angka tersebut atau tidak.

Banyak pihak yang menyangsikan bahwa mesin dari kuda besi buatan China ini mampu berkitir hingga angka 14.000 rpm. Mengingat daya maksimal yang diklaim hanya 49 tenaga kuda. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar