Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kabar Baik! Isu Kendaraan Listrik Jadi Salah Satu Perhatian APBN 2024

Berita Otomotif

Kabar Baik! Isu Kendaraan Listrik Jadi Salah Satu Perhatian APBN 2024

JAKARTA – Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024 antara lain akan digunakan untuk percepatan pembentukan ekosistem kendaraan listrik.

Rancangan Undang-Undang (RUU) APBN 2024 telah disahkan menjadi UU APBN 2024. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menjelaskan bahwa APBN tahun depan akan difokuskan ke beberapa hal.

Berita baiknya untuk industri otomotif dan isu polusi lingkungan, isu kendaraan listrik menjadi salah satu konsentrasi penyaluran APBN 2024.

Menteri Keuangan Sri Mulyani

“APBN juga akan terus dorong transformasi ekonomi, termasuk hilirisasi baik untuk mobil listrik maupun baterai dan juga hilirisasi dari sisi sektor pangan,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers pada Kamis (21/9/2023), seperti dikutip dari YouTube Kementerian Keuangan.

Sekadar mengingatkan, pemerintah memang berambisi untuk membentuk industri serta pasar kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di dalam negeri, baik untuk roda dua maupun roda empat.

Berbagai pabrikan otomotif serta perakit baterai secara aktif ‘dirayu’ untuk berinvestasi oleh pemerintah, dengan iming-iming berbagai insentif.

Adapun payung hukum utamanya adalah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

motor listrik

Terdapat, misalnya, insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), tax holiday, super tax deduction, sampai yang terkini adalah subsidi Rp7 juta bagi motor listrik dan subsidi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) bagi mobil listrik plus bus listrik.

Pada 2035, pemerintah menargetkan produksi 1 juta unit mobil listrik di Indonesia. Sementara itu, untuk sepeda motor listrik, targetnya adalah 3,5 juta unit.

Saat ini, beragam korporasi telah mengumumkan komitmen investasi terkait produksi lokal kendaraan listrik. Di sektor mobil listrik murni, misalnya, ada Hyundai, Wuling, DFSK, Neta, Morris Garage (MG), serta Chery.

Toyota juga sudah berinvestasi untuk perakitan mobil hybrid di dalam negeri. Sementara, untuk baterainya, ada CATL, LG, serta Gotion. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang