Jasa Marga Pecahkan Rekor Pelayanan di Musim Mudik 2019

Berita Otomotif

Jasa Marga Pecahkan Rekor Pelayanan di Musim Mudik 2019

KARAWANG - PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil mencatatkan rekor baru dalam melayani volume lalu lintas saat arus balik Lebaran 2019 di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Pada H+3 Lebaran yang jatuh pada hari Minggu, 9 Juni 2019, sebanyak 166.574 kendaraan kembali ke Jakarta dari arah Timur (Surabaya, Solo, Semarang, Cirebon dan Bandung). Jumlah ini meningkat hampir tiga kali lipat dari volume lalulintas harian rata-rata (LHR) normal sebanyak 67.345 kendaraan.

Jumlah tersebut terbagi dua yaitu di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama. Di GT Cikampek Utama, tercatat ada109.296 kendaraan yang melintas, naik sebesar 309% dari LHR normal 26.705 kendaraan. Sementara di GT Kalihurip Utama melitas sebanyak 57.278 kendaraan, naik sebesar 41% dari LHR normal 40.640 kendaraan.

Angka ini memecahkan rekor sebelumnya, pada periode yang sama di tahun 2018, Jasa Marga juga mencatat rekor tertinggi melayani volume lalu lintas saat arus balik Lebaran 2018, yaitu sebanyak 130.125 kendaraan arah ke Jakarta melintas melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.

“Kami memaksimalkan kapasitas gerbang tol untuk melayani peningkatan volume lalu lintas, sebagai contohnya adalah 33 lajur transaksi serta 29 mobile reader yang dioperasikan secara tandem di GT Cikampek Utama. Selain itu ada juga 25 lajur transaksi serta 29 mobile reader yang dioperasikan secara tandem di GT Kalihurip Utama,” ungkap M. Agus Setiawan, Corporate Secretary PT Jasa Marga.

Tak hanya itu, Jasa Marga bersama dengan pihak kepolisian juga melakukan beragam langkah untuk mengatasi kemacetan yang terjadi sepanjang arus mudik dan balik. Salah satunya adalah dengan menerapkan one way di beberapa ruas jalan pada waktu-waktu tertentu. Rekayasa lalu lintas ini diklaim cukup berhasil dalam mengatasi kemacetan yang terjadi selama ini. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support