Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Jokowi Andalkan Sawit dan Nikel untuk Energi Masa Depan

Berita Otomotif

Jokowi Andalkan Sawit dan Nikel untuk Energi Masa Depan

ABU DHABI – Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Indonesia memiliki peran penting dalam pembentukan energi masa depan.

Hal ini karena Indonesia telah mengimplementasikan bahan bakar bio terbarukan B-20 dan B-30. Bahan bakar tersebut diklaim ramah lingkungan dan mudah didapatkan karena Indonesia merupakan produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia.

  “Tahun lalu Kami mengimplementasikan program B-20 dimana pada seluruh produk bahan bakar diesel kami harus mengandung minimal 20 persen minyak kelapa sawit bio-diesel. Dan kebijakan ini menghemat anggaran impor bahan bakar sebesar US$ 3.4 miliar dan mengurangi 8.9 miliar ton emisi karbondioksida,” ungkapnya di forum Abu Dhabi Sustainability Week (ADSW)

Oleh sebab itu, Presiden mengatakan, pihaknya telah meluncurkan program B-30 tahun ini yang akan lebih menghemat lagi anggaran impor bahan bakar dan lebih menurunkan lagi emisi gas rumah kaca.

Tak hanya itu, Indonesia juga merupakan produsen nikel terbesar di dunia yang merupakan bahan dari pembuatan baterai lithium ion. Baterai ini umum digunakan sebagai sumber listrik untuk ponsel dan kendaraan listrik.

“Jadi dalam sepuluh tahun mendatang, setiap kali anda melihat ponsel pintar, anda akan teringat bahwa anda membawa bagian kecil dari Indonesia di kantung dan tas anda setiap hari. Itu akan mengingatkan anda pada bagian kecil dari mineral Indonesia,” tegasnya.

Presiden Jokowi menegaskan, pemerintah Indonesia akan terus merestrukturisasi sistem energinya, sehingga memenuhi tantangan akan kelestarian lingkungan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang