Mengenal Mobil Kepresidenan Jokowi

Berita Otomotif

Mengenal Mobil Kepresidenan Jokowi

JAKARTA - Pelantikan Joko Widodo sebagai presiden ke7- Indonesia berlangsung meriah dan disambut gegap gempita. Di tengah keriuhan tersebut, terselip sebuah mobil yang menjadi mobil dinas pria yang akrab di sapa Jokowi itu yakni Mercedes-Benz S600 Pullman Guard.

Mobil lapis baja yang tahan gempuran peluru dan granat ini resmi digunakan Jokowi sebagai mobil dinas tak lama setelah dia dilantik sebagai presiden.

Penggunaan mobil ini juga menampik semua spekulasi yang beredar sebelumnya dimana Jokowi dikabarkan tak ingin menggunakan Mercedes-Benz sebagai mobil dinas tapi mobil yang lebih murah.

Kabar berhembus karena sebelumnya rencana untuk menggunakan Mercedes-Benz sebagai mobil menteri kandas. Kementerian Sekretariat Negara memutuskan untuk menghentikan pengadaan Mercedes-Benz kendaraan dinas bagi para menteri dan para pejabat setingkat menteri pada pemerintahan Jokowi.

Hal itu terjadi karena desakan terkait hal ini cukup besar meski Kementerian Sekretariat Negara juga sudah mengatakan kalau mobil-mobil Mercedes-Benz ternyata jauh lebih murah karena sudah dibuat di dalam negeri bila di banding dengan Toyota Crown yang masih diimpor dari luar negeri.

Tapi, apa daya. Citra Mercedes-Benz sebagai mobil mahal sangat kuat terasa. Hal ini bertentangan dengan niat Joko Widodo sebagai presiden terpilih yang ingin dikenal sebagai sosok yang sederhana.

Kembali ke Mercedes-Benz S600 Pullman Guard yang digunakan Jokowi, mobil dinas Jokowi itu tidak lagi menggunakan pelat nomor berwarna merah bertuliskan "RI 1" seperti yang digunakan presiden sebelumnya, tapi berganti menjadi "Indonesia 1".

Untuk urusan keamanan, mobil ini memang tak perlu lagi diragukan. Menilik spesifikasi globalnya, mobil Jerman ini berlapis baja yang mampu menahan berondongan senapan serbu dan ledakan granat tangan. Ada pula sistem pemadam kebakaran otomatis yang mampu mengunci penyebaran api.

Ketika dalam keadaan darurat, ban run-flat yang dipasang di kaki mobil ini mampu membawa mobil ini berlari 60 km meski dalam kondisi tanpa angin. Dalam kondisi tertentu, mobil ini juga masih bisa berlari hingga 200 km/jam dalam kondisi prima. [Syu/Idr]

Cek daftar mobil baru dan mobil bekas



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual