Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Jokowi Sebut Hitung-hitungan Kenaikan Harga Pertalite Ia Terima Hari Ini

Berita Otomotif

Jokowi Sebut Hitung-hitungan Kenaikan Harga Pertalite Ia Terima Hari Ini

JAKARTA – Presiden Joko Widodo rencananya menerima kalkulasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) Subsidi seperti Pertalite dan Bio Solar pada Jumat (2/9/2022).

Jadi-tidaknya harga Pertalite maupun Bio Solar naik memang sedang ditunggu oleh berbagai pihak. Awalnya, jenis-jenis BBM Subsidi tersebut diisukan naik pada Kamis (1/9/2022) kemarin.

Namun, ternyata, harga Pertalite maupun Bio Solar bergeming. Malahan, yang terjadi adalah penurunan harga tiga jenis BBM Non Subsidi yakni Pertamax Turbo, Pertamina Dex, serta Dexlite.

Jokowi, sapaan Joko Widodo, pun ditanyakan mengenai hal ini dalam konferensi pers usai kunjungan ke Kepulauan Tanimbar, Maluku pagi tadi.

“Untuk (kenaikan) BBM (Subsidi), semuanya masih dikalkulasi dan hari ini akan disampaikan kepada saya hitung-hitungan dan kalkulasinya,” beber Jokowi, seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Sekadar mengingatkan, sejak awal 2022, harga minyak mentah dunia mengalami lonjakan signifikan. Biang keroknya ialah krisis geopolitik di Eropa Timur yang menyebabkan invasi Rusia ke Ukraina.

Harga BBM Non Subsidi Pertamina, juga harga BBM dari merek-merek lain seperti Shell, sekarang berkali-kali naik. Kondisi sedikit membaik pada hari pertama September 2022, ketika Pertamina maupun kompetitor mereka menurunkan harga BBM.

Harga BBM Subsidi, di sisi lain, terus ditahan oleh pemerintah di level Rp7.650 per liter untuk Pertalite serta Rp5.150 per liter untuk Bio Solar.

Sebagai gambaran, kisaran harga BBM Non Subsidi Pertamina mulai permulaan September ini antara Rp12.500 per liter (Pertamax) sampai Rp17.400 per liter (Pertamina Dex).

Sementara, harga BBM Shell ketika berita ini tayang dimulai dari Rp15.420 per liter (Shell Super) hingga Rp18.310 per liter (V-Power Diesel).

Lebih lanjut, pemerintah sudah menyiapkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kenaikan harga BBM Subsidi untuk masyarakat yang dikategorikan miskin atau menengah ke bawah. Jokowi sudah membagikannya kepada masyarakat Kepulauan Tanimbar.

“Tadi, kami memberikan BLT BBM sebesar Rp600 ribu untuk empat bulan. Tadi diserahkan untuk dua bulan ke depan untuk Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, di Saumlaki,” jelas Jokowi.

“Kami harapkan dengan suntikan BLT BBM daya beli masyarakat bisa terjaga dengan baik,” lanjut ‘RI 1’. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang