Joan Mir Menang, Skuat Yamaha Amburadul

Berita Otomotif

Joan Mir Menang, Skuat Yamaha Amburadul

VALENCIA – Joan Mir berhasil memenangkan balapan pertamanya dan menjadi pembalap kedelapan yang naik ke podium tertinggi di MotoGP 2020.

Joan Mir dengan sangat tenang memenangkan balapan pertamanya dan mengalahkan rekan satu timnya Alex Rins. Podium ketiga dihuni Pol Espargaro yang menggunakan ban depan kompon hard. Pada balapan kali ini, para penunggang Yamaha tidak berkutik dan semuanya terlempar dari sepuluh besar.

Jalannya lomba

Pol Espargaro memulai balapan dari posisi terdepan dan melakukan start yang baik. Pembalap asal Spanyol tersebut berhasil memimpin jalannya lomba mengungguli Alex Rins. Di belakangnya ada Joan Mir dan Miguel Oliveira yang membuntuti.

Mesin Suzuki GSX-RR yang ciamik di Valencia, mampu membuat dua pembalapnya dengan mudah menguasai jalannya lomba. Tidak butuh waktu lama bagi Rins dan Mir untuk menyingkirkan Pol dari posisi terdepan.

Rins yang mengambil alih pimpinan dari Pol dibuntuti ketat oleh Mir. Lalu tidak lama berselang muncul komunikasi antara tim Suzuki dan dua pembalapnya. Disengaja atau tidak, Rins melakukan kesalahan dan membuatnya disalip oleh Mir.

Sementara di barisan belakang terjadi persaingan sengit dan beberapa insiden. Fabio Quartararo yang digadang-gadang sebagai calon juara dunia MotoGP 2020, terjatuh di lap pertama. Ia beraksi atas Aleix Espargaro yang kehilangan grip ban depan. Quartararo yang berada di belakangnya ikut-ikutan terlempar.
Joan Mir Menang

Quartararo kembali melanjutkan balapan dari posisi paling belakang, sementara Aleix menyudahi lomba. Valentino Rossi yang baru kembali dari absen selama dua pekan karena covid-19, mengalami kegagalan teknis motor. Pembalap Italia tersebut kembali pulang dengan tangan hampa. Lalu Maverick Vinales yang memulai balapan dari pit, tidak bisa berbuat banyak.

Franco Morbidelli tidak bisa berbuat banyak pada balapan kali ini. Anak didik Rossi ini tidak bisa mempertahankan posisinya dari kejaran Alex Marquez, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci.

Mir berhasil melintasi garis finish di posisi pertama, diikuti Rins dan Pol. Dengan hasil ini, poin Rins di klasemen sementara semakin jauh meninggalkan Rins dan Quartararo. Mir kini mengoleksi 162 poin sedangkan Rins dan Quartararo mengumpulkan 125 poin. [Dew/Ari]

Berikut hasil MotoGP Eropa 2020

  • Joan Mir Suzuki Ecstar
  • Alex Rins Suzuki Ecstar
  • Pol Espargaro Red Bull KTM
  • Takaaki Nakagami LCR Honda
  • Miguel Oliveira Red Bull KTM Tech3
  • Jack Miller Pramac Ducati
  • Brad Binder Red Bull KTM
  • Andrea Dovizioso Ducati GP20
  • Johann Zarco Reale Avintia Ducati
  • Danilo Petrucci Ducati GP20
  • Franco Morbidelli Petronas Yamaha


Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar