Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Jangan Lakukan Meski Sebentar! Ini Risiko Tinggalkan Anak Sendirian di Mobil

Panduan Pembeli

Jangan Lakukan Meski Sebentar! Ini Risiko Tinggalkan Anak Sendirian di Mobil

JAKARTA - Dengan alasan apa pun, jangan pernah meninggalkan anak kecil sendirian di dalam mobil walau dirasa cuma sebentar. Soalnya, banyak bahaya yang menanti.

Membiarkan anak seorang diri dalam mobil, dalam kondisi mesin menyala atau pun mati, sama-sama berbahaya. Beberapa peristiwa yang tidak diinginkan bisa terjadi.

Bahkan, ada risiko-risiko yang bisa membahayakan kesehatan, bahkan nyawa buah hati Anda.

“Dengan alasan apapun, jangan pernah meninggalkan anak kesayangan di dalam mobil tanpa penjagaan orang dewasa. Lindungi buah hati Anda dan pastikan selalu merasa nyaman sebagai penumpang di dalam mobil,” kata Customer Satisfaction Development & Marketing Communication Auto2000 Cahaya Fitri Tantriani melalui keterangan pers baru-baru ini.

Berkendara Mobil Bersama abak Foto: Auto2000)

Empat Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Berikut potensi bahaya yang dimaksud, menurut Auto2000:

Kekurangan Cairan atau Susah Bernapas

Dalam kondisi mesin mati, ruang kabin akan memanas. Ini berpotensi membuat anak banyak berkeringat dan memperbesar kemungkinan terjadinya dehidrasi--tubuh kekurangan cairan.

Apalagi kalau Anda meninggalkan anak dalam kondisi kaca tertutup serta pintu terkunci karena alasan keamanan.

Anak juga dapat mengalami kesulitan bernapas. Terutama kalau muncul kegelisahan berlebihan dari mereka ketika ditinggal.

Keracunan Gas Buang Berbahaya

Meski mesin mobil dinyalakan agar kabin lebih nyaman serta sejuk, bahaya tetap mengintai. Pasalnya, ada kemungkinan anak terpapar gas buang karbon monoksida (CO) di dalam kabin.

Gas tersebut tidak meninggalkan bau atau pun terlihat. Gejala keracunan akhirnya bisa terlambat disadari.

Adapun gejala-gejalanya antara lain badan lemas, mengantuk, kepala pusing, perut mual, muntah, nyeri dada, hingga berhalusinasi. Korban bisa pingsan dalam hitungan menit dan akibat terparahnya fatal.

Jangan Meninggalkan anak di mobil (Foto: Brisbanekids)

Kecelakaan karena Memainkan Fitur Mobil

Anak kecil masih polos dan belum mengerti banyak hal. Rasa penasaran mereka pun besar.

Oleh karena itu, mereka bisa saja mengutak-atik serta memainkan berbagai tuas, tombol, pedal, serta fitur dalam mobil. Inilah yang menimbulkan kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Menjadi Korban Kriminalitas

Meninggalkan anak sendiri di dalam mobil juga dapat menimbulkan niat tindak kriminalitas dari para penjahat. Mereka melihat kemungkinan mengambil benda-benda bernilai di dalam kendaraan atau bahkan mobil itu sendiri. Kalau itu sampai terjadi, anak Anda pun turut menjadi korbannya.

Apa pun alasannya dan berapa lama pun waktunya, jangan meninggalkan anak sendirian di dalam mobil. Lebih baik Anda sedikit kerepotan membawa anak Anda beraktivitas, daripada nantinya menanggung risiko yang sangat menyedihkan. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang