Mencegah Stres di Mobil Saat Berkendara Dalam Kondisi Hujan Deras

Berita Otomotif

Mencegah Stres di Mobil Saat Berkendara Dalam Kondisi Hujan Deras

JAKARTA  - Pengemudi mobil rentan mengalami stres, apalagi saat berkendara di tengah hujan deras. Dalam kondisi tersebut pandangan pengemudi ke arah depan maupun samping mobil akan sedikit terganggu yang membuatnya ekstra waspada, belum lagi harus menghadapi kemacetan yang panjang.

Berkendara mobil dalam kondisi stres dapat mengubah gaya mengemudi menjadi ugal-ugalan dan mudah tersulut emosi. Jika sudah demikian bisa membuat penumpang menjadi kurang nyaman dan dapat merugikan pengguna jalan lain. 

“Stres yang terlalu tinggi saat mengemudi mobil dapat memicu berbagai masalah. Oleh sebab itu, Anda perlu mencegah stres saat mengemudi mobil," ungkap Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, dalam keterangan reseminya, Jumat (3/12/2021).

Nah, untuk mencegah stres saat mengemudi dalam kondisi hujan deras, tidak ada salahnya mempraktekkan beberapa tips berikut ini.

Siap Menerima Risiko

Langkah awal untuk mencegah stres yaitu berdamai dengan keadaan. 

Sebagai pengemudi mobil harus siap menerima segala risiko yang ditemukan di jalan, mulai dari hujan, macet, kendaraan mogok, dan lain sebagainya. 

Buat Suasana Kabin Nyaman

Mendengarkan lagu favorit selama berkendara bisa mengurangi stres. Apalagi jika kabin wangi dan bersih bisa membuat pengemudi maupun penumpang merasa tambah nyaman dan tenang.

Atur Posisi Duduk

Mengatur posisi duduk sagatlah penting. Hal ini menjadi salah satu faktor yang menentukan kenyamanan saat mengemudikan mobil. 

Posisi duduk yang salah dapat menyebabkan badan mudah lelah dan pegal. Duduk jangan terlalu tegak dan tidak terlalu rebah pula.

Rute Alternatif

Sebelum berkendara tidak ada salahnya untuk mengetahui kondisi lalu lintas di jalan yang hendak dilalui. Jika jalan tersebut berpotensi macet atau banjir saat hujan turun, sebaiknya cari rute alternatif.

Bila perlu, berangkat lebih awal supaya memiliki waktu ekstra sehingga tidak terburu-buru.

Lakukan Stretching

Pengemudi disarankan melakukan stretching atau peregangan otot sekira beberapa menit. Cara ini bisa memperlancar aliran darah dan membantu menekan stres.

Kontrol Emosi

Saat mengemudkan mobil sebaiknya kontrol emosi dan jangan mudah marah karena tidak senang dengan prilaku pengendara lain. 

Jangan pula melakukan manuver agresif yang dapat membahayakan pengguna jalan lain. Dengan menjaga emosi, energi tubuh tidak terkuras untuk hal yang tidak penting.

Temukan mobil baru yang nyaman untuk dikendarai di sini

Penulis: Santo Sirait




Berita Utama


Komentar