Jalan Tol Sumatera Kini Semakin Panjang dan Lengkap

Berita Otomotif

Jalan Tol Sumatera Kini Semakin Panjang dan Lengkap

MEDAN – Mulai hari ini, Ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) dan Ruas Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) resmi terintegrasi ke ruas Tol Medan-Binjai (Mebi).

Integrasi ketiga ruas tol ini sejalan dengan telah keluarnya ijin operasi Seksi 1(Tanjung Mulia – Helvetia) Segmen Junction Tanjung Mulia – Marelan sepanjang 4,2 kilometer, berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  (PUPR) Nomor 260/KPTS/M/2021 tanggal 3 Maret 2021. Adapun sosialisasi pelaksanaan integrasi ini sudah dilakukan melalui Rambu Elektronik (Variable Message Sign) yang ada di sepanjang ruas MKTT maupun Belmera.

Berdasarkan realisasi volume lalu lintas saat Junction Tj Mulai dioperasikan secara fungsional pada operasi Libur Natal-Tahun Baru Tahun 2020, rata-rata perhari mencapai 6.063 kendaraan dari ruas tol Belmera dan MKTT yang melintas ke ruas Tol Mebi. Tentunya dengan ini maka perjalanan pengguna tol akan menjadi lebih nyaman. Hal tersebut disampaikan oleh Operation Management Department Head Regional Jasamarga Nusantara Tollroad Division Taufiqul Hidayat.

tol sumatera

"Layanan yang maksimal memang sudah seharusnya diberikan kepada pengendara. Dengan terintegrasinya ruas tol MKTT dan Belmera ke Mebi kali ini, akan semakin meningkatkan kenyamanan masyarakat pengguna jalan tol wilayah Medan dan sekitarnya," tambah Taufiq.

Taufiqul menghimbau agar pengguna jalan tol dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol untuk memastikan saldo uang eletktronik yang cukup dengan mempertimbangkan tarif untuk jarak terjauh, agar perjalanan anda tidak terhambat karena harus melakukan top up di Gerbang Tol, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara.

Terus Bangun Tol

Pemerintah memang masih fokus untuk membangun jalan tol di Pulau Sumatera agar dapat rampung dalam waktu yang sudah ditetapkan. Pada akhir tahun 2020, sedikitnya sudah ada 648 Km ruas tol Sumatera sudah beroperasi. Menariknya lagi, Pemerintah juga membangun tempat pengisian daya untuk kendaraan listrik di ruas tol tersebut

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sendiri rencananya akan memiliki panjang 2.987 Km dan membentang dari Provinsi Lampung hingga Aceh. Tol tersebut terdiri dari koridor utama (back bone) sepanjang 2.069 km dan koridor pendukung (sirip) 919 km. Dengan adanya 648 Km yang sudah beroperasi maka diharapkan arus lalu lintas bisa lebih lancar dari sebelumnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar