Asyik, Tempat Ngecas Mobil Listrik di Tol Trans Jawa Segera Bertambah

Berita Otomotif

Asyik, Tempat Ngecas Mobil Listrik di Tol Trans Jawa Segera Bertambah

JAKARTA – Tempat pengecasan mobil listrik di Tol Trans Jawa dalam waktu dekat bertambah lagi satu.

Sekadar mengingatkan, hingga kini ada empat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sepanjang Tol Trans Jawa. Adapun lokasinya adalah Rest Area KM 207 A Ruas Palikanci, Rest Area KM 379 A Ruas Batang – Semarang, Rest Area KM 519 A, plus KM 519 Ruas Solo – Ngawi.

Keempatnya dikelola oleh PT. Jasamarga Related Business (JMRB).

Imad Zaky Mubarak selaku Direktur Bisnis Komersial JMRB, melalui keterangan resmi pada awal pekan ini, menegaskan jumlah SPKLU di ruas tol yang dikelola PT. Jasa Marga akan terus bertambah. Bahkan, dalam waktu dekat ada satu SPKLU yang hadir di Tol Trans Jawa, tepatnya di Rest Area KM 389 B Ruas Batang – Semarang.

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)

"Penyediaan SPKLU di rest area bertujuan untuk menyiapkan sarana guna mendukung implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk Transportasi Jalan," tandas dia.

Sekadar mengingatkan, Perpres Nomor 55 Tahun 2019 berisi insentif – insentif fiskal maupun nonfiskal untuk mobil serta sepeda motor listrik yang diberikan mulai Oktober 2021. Pemerintah mengharap dengan itu harga jual kendaraan listrik (hybrid, plug-in hybrid/PHEV, 100 persen baterai) bisa menjadi lebih terjangkau, sehingga pasar dan industrinya terbentuk di Indonesia.

Pada 2025, pemerintah menargetkan 20 persen kendaraan yang diproduksi lokal mengusung teknologi elektrifikasi. Ini berlaku bagi perakitan mobil maupun motor.

Infrastruktur SPKLU juga bakal diperbanyak, untuk menyokong tumbuh-kembang pasar serta industri kendaraan listrik. Targetnya, pada 2025 ada 2.400 SPKLU di seluruh Nusantara.

SPKLU di SPBU Pertamina Fatmawati Jakarta

Saat ini, jumlahnya baru 101 SPKLU. Selain di Tol Trans Jawa, ada juga yang terletak di Tol Trans Sumatera serta Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina.

Lebih lanjut, Zaky menjelaskan bahwa JMRB ingin membangun SPKLU di seluruh rest area tol yang mereka kelola. Untuk merealisasikannya, JMRB harus berkoordinasi dan bekerja sama dengan PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Kami terus berkoordinasi dengan PLN untuk menghadirkan SPKLU di rest area yang kami kelola di seluruh Indonesia. Dengan begitu, kami berharap masyarakat tidak ragu untuk memiliki kendaraan berbasis listrik," lanjutnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar