Jadwal KRL Jabodetabek Kembali Seperti Sebelum Pandemi, Penumpang Dibatasi

Berita Otomotif

Jadwal KRL Jabodetabek Kembali Seperti Sebelum Pandemi, Penumpang Dibatasi

JAKARTA – Jadwal KRL commuter line Jabodetabek akhir kembali seperti sebelum pandemi virus Corona (Covid-19). Namun, tetap ada pembatasan kapasitas penumpang sehingga masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan mengatur jadwal kepergian dan kepulangan.

Jadwal KRL Commuter line Jabodetabek, seperti diumumkan PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) dalam situs resmi mereka, kembali normal mulai Senin (19/10/2020) ini. Dengan begitu, jadwal keberangkatan kereta pertama adalah pkl.04.00 WIB dan yang terakhir menjelang pkl.24.00 WIB setiap hari.

“Dengan jam layanan KRL yang kembali normal, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengoperasikan 993 perjalanan setiap hari dengan 91 rangkaian kereta,” tulis mereka.

Akan tetapi, tiap gerbong kereta masih tidak boleh diisi sampai penuh seperti pada masa prapandemi. Aturan pembatasan kapasitas penumpang tetap berlaku.

“Pembatasan kapasitas pengguna di tiap kereta tidak berubah yaitu 74 orang per kereta atau sekitar 40% dari kapasitas pengguna KRL,” papar KCI.

Tentu saja, dengan limitasi penumpang, ada potensi kepadatan di stasiun – stasiun kereta. Pengelola pun mewanti-wanti para pengguna KRL agar mengatur jadwal keberangkatan plus kepulangan terutama pada jam – jam sibuk di pagi atau pun sore hingga malam agar terhindar dari hal tersebut.

“Pilihan jadwal keberangkatan dengan jadwal yang kembali normal ini membuat para pengguna memiliki lebih banyak pilihan untuk jadwal keberangkatan sehingga tidak perlu memaksakan diri untuk masuk ke dalam kereta yang telah penuh karena khawatir tertinggal jadwal kereta terakhir,” jelas KCI.

Informasi jadwal dan kondisi kepadatan di stasiun dapat dilihat melalui aplikasi KRL Access versi terbaru. Dengan informasi yang tersedia di sana serta marka-marka jaga jarak aman yang sudah tersedia di seluruh stasiun dan KRL, para penumpang diharap dapat patuh dan menerapkan protokol 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan menghindari kerumuman) karena potensi penularan virus Covid-19 masih mengintai.

“KCI juga mengingatkan pengguna KRL agar bersiap memasuki musim penghujan dan membawa perlengkapan tambahan seperti jas hujan atau payung, dan gunakan sepatu yang tidak licin saat hendak menggunakan KRL,” tutup mereka. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar