Isuzu Tunda Peluncuran 2 Varian Baru Mu-X Gara-gara Pandemi

Berita Otomotif

Isuzu Tunda Peluncuran 2 Varian Baru Mu-X Gara-gara Pandemi

JAKARTA – 'Serangan’ selanjutnya Isuzu Mu-X di Indonesia harus batal gara-gara pandemi virus Corona (Covid-19)

Pandemi membuat Isuzu merasa harus menunda rencana peluncuran pada 2020. Mereka merasa kondisinya tidak tepat untuk memperkenalkan produk baru.

“Sudah pasti rencana peluncuran model atau varian-varian baru akan terganggu saat ini.. Jadi, untuk jadwal peluncuran produk baru memang sudah pasti kami tunda karena banyak kendala selama persiapan,” ucap Attias Asril, General Manager Marketing Division PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) dalam diskusi virtual bersama Forum Wartawan Otomotif pada akhir pekan lalu.

Pandemi, yang masuk Nusantara sejak awal Maret 2020, telah mengganggu daya beli masyarakat serta penjualan mobil baru. Pada Januari – Mei, penjualan wholesales maupun retail turun sekitar 40 persen ketimbang periode yang sama sebelumnya. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah merevisi target penjualan pada tahun ini menjadi hanya 600 ribu unit, merosot 40 persen ketimbang capaian 2019.

Lebih lanjut, salah satu model Isuzu yang tertunda peluncurannya adalah dua varian teranyar Mu-X. Sport utility vehicle (SUV) sekelas Toyota Fortuner maupun Mitsubishi Pajero Sport ini adalah satu dari sedikit kendaraan penumpang Isuzu di Indonesia. Lainnya ialah D-Max plus Panther.

“Mu-X juga tertunda. Kami harus tunda peluncuran (dua varian) barunya. Sampai kapan penundaannya, wallahualam, kami juga belum tahu. Kami masih melihat dan memantau kapan kondisi yang tepat,” papar dia lagi.

Sekadar mengingatkan, pada Juli 2019, Isuzu baru meluncurkan Mu-X i-Series sebagai varian berharga paling terjangkau dari model tersebut. Mu-x I-Series menjadi SUV paling terjangkau di segmennya, tapi memiliki fitur yang tak terlalu berbeda jauh.

Dalam acara test drive (uji kendara) Mu-X i-Series pada November 2019 di Sukabumi, Jawa Barat, salah satu eksekutif Isuzu membeberkan bahwa pada 2020 pihaknya berencana menyegarkan dua varian model tersebut, Mu-X Premiere serta Mu-X Royale. Akan tetapi, versi teranyar dari kedua varian itu akan dinamai ulang menjadi s-Series dan z-Series.

Peluncuran Kendaraan Komersial
Tak hanya Mu-X saja, model Isuzu yang peluncurannya tertunda. Model-model kendaraan niaga Isuzu pun demikian.

Hanya saja, untuk mobil niaga, alasan penundaan bukan hanya pandemi. Kebijakan pemerintah memundurkan penerapan standar emisi gas buang Euro 4 bagi mesin diesel dari April 2021 menjadi April 2020 juga menjadi penyebab.

“Tentunya itu berdampak pada kami. Ini karena varian-varian baru kami kebanyakan akan mengacu pada regulasi Euro 4,” pungkas Attias. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar