Intip Ragam Modifikasi Yamaha Vixion yang Bikin Mupeng

Berita Otomotif

Intip Ragam Modifikasi Yamaha Vixion yang Bikin Mupeng

Modifikasi Yamaha Vixion mempunyai banyak pilihan gaya yang menarik, sehingga bisa dijadikan referensi bagi penggunanya di Tanah Air.

Yamaha Vixion merupakan salah satu sepeda motor jenis sport yang pernah jaya pada masanya. Motor ini memiliki karakter yang berbeda dari motor sport pada umumnya kala itu.

Meskipun saat ini masyarakat telah banyak yang berpaling ke skuter matik (skutik), tapi Vixion masih memiliki pelanggan setia.

Motor sport naked berlambang Garpu Tala ini kerap mendapat sentuhan tangan-tangan kreatif. Sehingga tampilan kendaraan menjadi semakin menarik bagi siapapun yang melihatnya.

Tidak hanya tampilan saja, kuda besi ini juga memiliki mesin yang andal dan perawatannya mudah.

Dalam melakukan modifikasi, para pemilik Yamaha Vixion bisa menerapkan berbagai konsep yang diinginkan sesuai selera. Referensinya bisa diambil melalui produk yang sudah ada ataupun melakukan kreasi sendiri.

Umumnya referensi modifikasi Yamaha Vixion bisa didapatkan di dunia maya baik itu melalui sosial media, maupun jejaring internet.

Jika ingin menggunakan konsep yang benar-benar radikal, pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Hal ini guna mencegah modifikasi yang dilakukan salah konsep dan berujung penyesalan.

Selain itu, sesuaikan bujet dengan konsep modifikasi agar hasil akhirnya tidak melenceng.

Berdasarkan tingkat kesulitan, memodifikasi motor sendiri berbeda dengan kustom. Modifikasi motor secara mandiri bisa dilakukan dengan menyematkan beberapa komponen aftermarket untuk mengubah tampilan motor sesuai keinginan. 


Yamaha Vixion Modifikasi

Sementara untuk kustom, proses pengerjaannya akan memakan waktu lebih lama, karena beberapa komponen pendukung biasanya dibuat secara langsung bukan sekadar membeli parts aftermarket.

Sebelum melakukan ubahan pada motor, umumnya sang pemilik kendaraan akan terlebih dahulu berdiskusi dengan pihak bengkel modifikasi. Setelah tercapai konsep yang diinginkan, barulah proyek bisa dimulai dan dijalankan sesuai instruksi.

Jika konsumen melakukan kustomisasi yang radikal, jangan kaget apabila biaya yang harus dikeluarkan cukup besar. Terlebih rombakan yang menyeluruh akan membuat kondisi motor tidak bisa dikembalikan seperti bawaan pabrik.

Saat ini, cukup banyak referensi modifikasi untuk sepeda motor jenis sport naked. Berikut ini ragam pilihan modifikasi Yamaha Vixion.

  • Klasik

Melakukan ubahan pada Yamaha Vixion bisa dengan konsep klasik. Artinya tampilan dan teknologinya yang sudah modern, dipadukan bersama beberapa komponen lawas.

Pemilik motor yang ingin melakukan modifikasi Yamaha Vixion bergaya klasik, bisa menggunakan komponen jadi. Salah satu caranya dengan mengubah tangki, lampu-lampu hingga kaki-kaki.

Sebenarnya ada beberapa bagian yang cukup mengganjal jika ingin menerapkan modifikasi konsep ini, yaitu rangka hingga kaki-kakinya. Sebab, Yamaha Vixion telah menggunakan rangka deltabox dan swing arm modern yang khas.
Yamaha Vixion modif

Selain itu, penggunaan mesin model alumunium juga menjadi pengganjal tampilan klasik. Berbagai komponen tersebut di atas akan mengganggu konsep secara keseluruhan.

Jika ingin tetap menggunakan konsep klasik, maka Anda bisa memilih jalur kustomisasi. Rombakan bisa lebih menyeluruh sampai menukar atau memotong sasis, sehingga tampilan bisa lebih klop sesuai dengan konsep.

Kustomisasi Yamaha Vixion bergaya klasik bisa mengaplikasikan konsep yang populer di kalangan bikers seperti Cafe Racer, Brat, Bobber, Scrambler, Street Tracker hingga Chopper. Konsep ini bisa diandalkan untuk mengubah tampilan secara radikal.

Konsep ubahan seperti tersebut bisa disesuaikan dengan selera dan bujet tentunya. Pemilik motor harus memperhatikan perbedaan antara satu konsep dan lainnya agar menjadi kendaraan yang enak dilihat.

Motor klasik sendiri identik dengan komponen-komponen yang minimalis. Sehingga pada Vixion akan ada beberapa parts orisinal yang tidak bisa digunakan demi menyatukan konsep yang diinginkan.

  • Futuristik

Modifikasi Yamaha Vixion yang mengusung konsep futuristik bisa dilakukan dengan menyematkan berbagai komponen pendukung. Salah satunya adalah membuat motor ini menjadi sport fairing.

Motor fairing memang paling pas untuk menganut konsep futuristik, karena motor akan terlihat semakin berkarakter.

Fairingnya sendiri bisa didapat dengan membeli produk yang tersedia dipasaran ataupun kustom.

Pilihan menggunakan fairing kustom, akan memberikan nilai lebih pada kendaraan. Sebab, motor Anda akan memiliki tampilan yang berbeda dari motor lainnya, walaupun dari bengkel modifikasi yang sama.

Fairing bisa dibuat dengan menggunakan bahan fiber, karbon, plastik hingga plat. Semakin rumit desainnya maka dipastikan harga produksinya akan semakin mahal.

Sementara itu, dalam memilih bahan, karbon merupakan pilihan yang tepat karena paling ringan bobotnya. Namun urusan harga akan lebih mahal tentunya.
Modifikasi Yamaha Vixion Fairing

Motor dengan konsep futuristik sudah pasti erat kaitannya pada teknologi mutakhir. Sektor penerangan baiknya menggunakan model LED.

Selain itu, panel meter digital dipercaya akan semakin mendukung konsep futuristik pada ubahan di Vixion Anda.

Lebih jauh, fitur-fitur pada motor ini juga bisa ditambahkan untuk semakin mendukung tema ubahan.

Untuk ubahan kustom yang radikal, mungkin Anda bisa menjadikan Yamaha Vixion sebagai kendaraan hybrid. Secara, kendaraan jenis hybrid maupun listrik tengah populer saat ini.

Pada bagian kaki-kaki, konsep futuristik bisa mengandalkan velg bergaya orbital. Teknik kustom roda ini sempat populer di kalangan kontes modifikasi dan sekarang mulai kembali hype.

Ubahan dengan konsep tersebut akan membuat banyak orang pangling dengan tunggangan yang Anda gunakan. Ini akan menambah rasa percaya diri bagi siapapun yang mengendarainya.

  • Retro modern

Konsep ini merupakan gabungan dari dua konsep yang telah disebutkan tadi.

Saat ini cukup banyak pabrikan yang menghadirkan motor dengan konsep retro modern.

Gaya ini menggabungkan tampilan ala motor klasik yang erat kaitannya dengan sejarah, tapi tetap mengusung berbagai teknologi terkini agar memudahkan para penggunanya.

Jika Anda pemilik Yamaha Vixion model terbaru, maka untuk mendukung konsep ini sebaiknya menukar lampu depan dengan model lama berbentuk bulat.

Lampu bulat sangat identik dengan motor lawas atau retro.
Modifikasi Yamaha VIxion

Sementara bagian belakang motor yang terbilang lancip, bisa tetap dipertahankan atau menggantinya dengan milik merek hingga model lain.

Guna mengejar tampilan retro pada motor modern, akan lebih menarik jika menggunakan buntut motor merek lainnya atau sebutannya subtitusi.

Urusan kaki-kaki, Anda bisa menukar velg racing berbahan alloy bawaan pabrik, dengan model jari-jari. Velg jari-jari tidak hanya menguatkan unsur retro, namun dipercaya lebih kuat dalam menahan benturan.

Lebih lanjut ubahan bisa menyasar pada sektor bodi, salah satunya mengganti tangki bahan bakar bawaan pabrik. Pengguna Vixion bisa menyematkan tangki dengan bentuk yang lebih bulat agar sesuai dengan temanya.

Harga Yamaha Vixion bekas

Yamaha Vixion pertama kalinya dipasarkan di Indonesia pada 2007 dan masih terus ditawarkan hingga saat ini.

Motor sport naked untuk kelas pemula ini cukup banyak tersedia di pasar motor bekas.

Untuk Anda yang tengah mencari Yamaha Vixion sebagai bahan modifikasi, bisa meminang unit buatan tahun pertama. Dikarenakan telah termakan usia dan banderol motor cukup terjangkau mulai dari Rp3 juta hingga Rp5 jutaan.
Yamaha Vixion bekas

Namun, seperti pada umumnya membeli motor bekas, Anda harus lebih teliti dalam melakukan pengecekan kendaraan. Tidak ada salahnya menggunakan jasa mekanik untuk menaksir motor yang diinginkan.

Jika ada dana lebih, maka Anda bisa membeli unit dengan tahun pembuatan yang lebih muda seperti 2012 hingga keluaran terbaru. Harga versi bekasnya di pasaran mulai dari Rp5 juta sampai Rp30 jutaan. [Dew/Ses]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar