Panduan Modifikasi Honda Scoopy yang Ciamik

Berita Otomotif

Panduan Modifikasi Honda Scoopy yang Ciamik

Modifikasi Honda Scoopy dilakukan agar tampil beda dari yang lain. Pada hakikatnya melakukan modifikasi untuk membuat tampilan kendaraan menjadi spesial dan enak dipandang. Terlebih bagi Anda yang sudah bosan dengan tampilan Scoopy standar bawaan pabrikan.

Ada banyak bagian sepeda motor yang bisa dimodifikasi, mulai dari body hingga mesin, guna mendapatkan tampilan serta performa seperti yang diinginkan para pemiliknya.

Bicara soal gaya dan konsep modifikasi, pemilik Honda Scoopy bisa mendapatkannya dari berbagai sumber. Menariknya skutik produksi PT Astra Honda Motor (AHM) ini, juga dipasarkan di beberapa negara di Asia, sehingga menambah referensi modifikasi.

Penentuan gaya dan konsep sebelum melakukan modifikasi motor sangatlah penting, Ini guna mencegah salah langkah yang bisa membuat tampilan atau performa motor menjadi tidak karuan dan dianggap alay.

Dengan menentukan konsep terlebih dahulu, Anda juga bisa memperkirakan estimasi bujet yang akan dikeluarkan. Sehingga proyek modifikasi tidak terhenti di tengah jalan karena kehabisan dana.

Setelah menentukan konsep, langkah selanjutnya adalah memilih rumah modifikasi untuk mengimplementasikannya. Jika modifikasi yang dilakukan tidak terlalu ekstrem, proses pengerjaan bisa dilakukan secara mandiri atau di bengkel yang menawarkan paket modifikasi ringan. 


Modifikasi Honda Scoopy

Artinya tidak perlu rumah modifikasi khusus untuk mengerjakan konsep yang sudah Anda tentukan. Semisal hanya mengganti aksesori untuk mendapatkan konsep minimalis.

Lain halnya jika Anda memilih modifikasi ekstrem, maka sebaiknya pengerjaan dilakukan di bengkel modifikasi ternama, supaya mendapat hasil yang maksimal dan sesuai dengan konsep.

Honda Scoopy yang memiliki tampilan retro dan berbalut fitur modern, memang membutuhkan ketelitian dalam memodifikasinya. Ini untuk mencegah modifikasi yang dilakukan justru membuat motor terlihat norak.

Langkah-langkah Memodifikasi Honda Scoopy

Jika diuraikan satu-persatu, modifikasi Honda Scoopy bisa dilakukan perbagian.

Berikut ini langkah-langkah memodifikasi Honda Scoopy yang kami dikumpulkan dari berbagai sumber.

  • Bodi

Seperti disebutkan tadi, bahwa skutik ini mengusung tampilan retro modern. Motor yang lebih dahulu populer di negara Gajah Putih, Thailand ini memiliki wujud nan khas.

Bodi motor Scoopy cenderung membulat, terutama pada dua generasi terakhirnya. Bodi motor yang cenderung membulat mendukung tampilan retro pada kendaraan.

Modifikasi bodi dari Honda Scoopy bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Pada umumnya konsumen menerapkan gaya Thai (Thailand) Look.

Ubahannya mengarah pada permainan warna yang cerah dan cenderung mencolok.

Pada unit lawasnya, bahkan terdapat stripping dengan corak bendera Thailand.

Lalu untuk model terbarunya, padu padan warna yang berani disematkan pada bodi motor berdimensi imut ini. Warna-warna pastel yang saling bertabrakan membuat kendaraan tampil nyentrik.
Modif Honda Scoopy

Selain memainkan warna pada bodi, Anda juga bisa mengaplikasikan teknik airbrush atau cutting stiker. Personalisasi gaya dari si pemilik motor akan terasa lebih kuat dengan metode ini.

Airbrush sendiri memiliki beberapa model misalnya realis, abstrak, dan grafis. Bahasa tukang cat sendiri adalah single action ataupun dual action.

Biasanya semakin sulit gambar yang diinginkan, secara otomatis membuat banderolnya semakin tinggi. Lama pengerjaannya juga akan sangat berpengaruh dalam hal ini.

Untuk Anda yang mengejar konsep racing, tidak jarang bodi Honda Scoopy yang mulus dilubangi guna menguatkan konsep. Melubangi bodi juga kerap dilakukan oleh pemiliknya guna memamerkan sentuhan pada organ dalam kendaraan.

Misalnya, tangki bahan bakar atau rangka yang telah dikrom atau terdapat unsur menarik lain di dalamnya.

Teknik melubangi bodi juga kerap dilakukan pada motor spesialis kontes modifikasi.

  • Kaki-kaki

Pada sektor ini, modifikasi Honda Scoopy khususnya dua generasi terakhir memiliki keunikkan tersendiri. Hal ini dikarenakan dua generasi terakhir Honda Scoopy menggunakan lingkar roda 12 inci, berbeda dengan sebelumnya 14 inci.

Para penganut gaya Thai Look umumnya akan mengganti velg alloy bawaan pabrik dengan model jari-jari.

Di negeri Gajah Putih sendiri generasi terbaru Honda Scoopy ditawarkan pilihan velg jari-jari.

Selain menggunakan velg jari-jari, ukuran yang digunakan juga diperbesar menjadi 17 inci dengan ban kurus atau biasa disebut ban cacing. Gaya ini juga dianut oleh para modifikator aliran racing atau khususnya drag.
Honda Scoopy Modifikasi

Namun, perlu diingat bahwa gaya modifikasi Honda Scoopy ini memiliki risiko yang cukup tinggi. Penggunaan ban cacing akan membuat traksi ban ke aspal semakin sedikit dan membuat jarak pengereman semakin melar.

Dalam melakukan akselerasi, motor juga akan menjadi liar sehingga susah dikendalikan dan berbahaya. Untuk manuver, motor juga tidak bisa maksimal, karena kurangnya traksi ban.

Sementara, modifikasi velg, juga bisa menerapkan berbagai warna yang menarik. Baik velg jari-jari maupun alloy bawaan pabrik, penggunaan kelir yang mencolok akan mengundang perhatian pengguna jalan lain.

Warna yang biasa digunakan oleh para pemilik Honda Scoopy adalah kelir emas atau gold. Kelir tersebut akan membuat tampilan kendaraan semakin elegan dan cocok untuk konsep modern.
Scoopy Modifikasi

Bagi pemilik Honda Scoopy yang memilih konsep modifikasi tertentu, pewarnaan velg bisa mendukung tampilan. Semisal konsep racing dengan livery MotoGP, kelir rumah roda bisa menyesuaikan.

  • Mesin

Ubahan sektor dapur pacu, banyak yang bisa dilakukan oleh pengguna Scoopy tergantung dari konsep yang dibutuhkan sejak awal. Misalkan yang paling ekstrem adalah untuk keperluan balap, baik skala road race maupun drag.

Untuk modifikasi harian, Anda bisa melakukan ubahan pada sektor CVT (Continious Variable transmission). Sentuhan seperti mengganti roller, per CVT hingga membubut jalur belt sudah bisa membuat akselerasi kendaraan semakin yahud.

Lalu tidak jarang pengguna harian yang ingin mesinnya lebih bertenaga dengan menambah kapasitas dari 110cc menjadi 125cc hingga 300cc. Namun, perlu diperhatikan adalah semakin besar kubikasi, maka akan berpengaruh pada kenyamanan.

Dengan kapasitas mesin yang lebih besar, motor mungkin akan memiliki getaran berlebih. Selain itu, suhu mesin juga akan bertambah panas dan membutuhkan adaptasi serta penanganan istimewa.

Pada modifikasi Honda Scoopy bergaya racing, bagian CVT juga ikut dilubangi dengan tujuan memangkas bobot. Padahal langkah tersebut akan menimbulkan risiko lebih besar jika diterapkan modifikasi harian.
Honda Scoopy Drag

Lubang-lubang tersebut akan mengundang debu atau partikel lain di jalanan masuk ke dalam ruang CVT. Pada akhinya kotoran akan membuat tarikan motor menjadi tersendat dan paling parahnya adalah merusak beberapa komponen.

Melakukan ubahan pada mesin Honda Scoopy, Anda harus menentukan rumah modifikasi yang sudah memiliki reputasi baik. Hal ini guna meminimalisir kesalahan yang akan berbuntut penyesalan.

Kesalahan pada ubahan mesin terlebih pada kontruksi akan membuat mesin mengalami banyak masalah. Karena jika sudah salah langkah, mesin akan susah dikembalikan seperti semula.

Misalnya, setelah melakukan bore-up, jika terdapat kesalahan perhitungan kompresi maka bisa membuaut mesin jebol. Jika sudah terjadi, maka Anda akan keluar dana lebih besar untuk membeli mesin baru.

  • Aksesori

Ubahan terakhir yang bisa menguatkan tema modifikasi Honda Scoopy bisa dengan menambahkan aksesori. Pilihannya adalah jok, spion, handlebar atau setang, panel meter, spakbor hingga lampu-lampu.
Scoopy modif

Saat ini dipasaran tersedia berbagai aksesori yang bisa meningkatkan penampilan motor khususnya Honda Scoopy. Baik untuk mendukung tema modifikasi harian maupun ekstrem.

Komponen aftermarket juga bisa dibuat lebih kreatif lagi atau dimodifikasi agar semakin menyatu dengan konsep awalnya. [Dew/Ses]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar