Masalah yang Bikin Toyota Hilux Sulit Berkembang di Indonesia

Berita Otomotif

Masalah yang Bikin Toyota Hilux Sulit Berkembang di Indonesia

JAKARTA – Toyota Astra Motor (TAM) mengaku bahwa Indonesia bukanlan negara yang bisa menghadirkan banyak varian Hilux.

Berbeda dengan Thailand yang menjadikan Toyota Hilux sebagai kendaraan penumpang, Indonesia lebih menjadikan mobil tersebut sebagai kendaraan niaga. Kondisi ini menjadikan Toyota Hilux tidak menjadi pilihan utama masyarakat.

“Kalau di Thailand, Toyota Hilux itu sudah seperti Avanza. Disana Pick up sejuta umat karena dari entry segmen sampai premium ada. Itulah mengapa di Thailand, mereka bisa menghadirkan banyak varian Hilux,” ungkap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM.

Langkah untuk menjadikan Toyota Hilux sebagai kendaraan yang disukai oleh masyarakat umum pun telah dilakukan. Salah satunya adalah dengan menampilkan Toyota Hilux TRD Sportivo di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017. Sayang peminatnya ternyata terlalu kecil.

Toyota Hilux

“Di GIIAS pernah menampilkan Toyota Hilux versi TRD dan sempat kami tawarkan secara internal ke dealer serta survey ke pasar. Pasarnya bukan tidak ada, tapi jumlahnya belum cukup besar,” tambahnya kemudian.

Tak hanya itu, untuk mengembangkan Toyota Hilux menjadi kendaraan penumpang pun bantuan dari Pemerintah. Hal ini karena sistem pajak dan pengurusan kendaraan seperti Toyota Hilux berbeda bila dibandingkan dengan kendaraan penumpang.

“Memang ada beberapa hal yang menjadi perhatian. Di Indonesia, kendaraan pick-up didaftarkan sebagai mobil komersial. Plat nomornya pun berbeda. Selain itu juga harus mendapatkan KIR. Jadi mungkin ke depannya segmentasi kendaraan harus lebih diperhatikan,” tambah Anton.

Meski demikian, Toyota tetap mengembangkan Hilux agar bisa nyaman digunakan sehari-hari di luar keperluan mengangkut barang. Salah satunya adalah dengan menyetel ulang suspensi yang digunakan agar lebih empuk dari sebelumnya. Selain itu, mereka juga telah membuat agar kemudi lebih mudah untuk dikontrol.

Toyota juga telah dilengkapi fitur Vehicle Stability Control, Hill Assist Control, Trailer Sway Control, dan Emergency Brake Signal pada kedua tipe tersebut. Untuk mesin, Toyota Hilux dibekali dengan mesin diesel 2GD-FTV berkapasitas 2.4 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 147 hp dan torsi sebesar 400 Nm. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar