Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

4 Pentingnya Tanda Indentifikasi Kendaraan Anda Bagi Kepolisian

Berita Otomotif

4 Pentingnya Tanda Indentifikasi Kendaraan Anda Bagi Kepolisian

JAKARTA – Registrasi identifikasi kendaraan bermotor (BPKB, STNK dan TNKB) dan pengemudi (SIM) ternyata memiliki fungsi yang teramat penting bagi masyarakat.

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa surat-surat tidak penting selama tidak ditilang atau melanggar peraturan lalu lintas. Namun anggapan tersebut salah. Kepolisian Republik Indonesia mencatat beberapa poin penting yang membuat identifikasi kendaraan bermotor dan pengemudi menjadi sangat penting.

Pertama adalah untuk memberikan jaminan keabsahan asal-usul dan kepemilikan kendaraan bermotor (ditangani bidang BPKB). Hal ini berkaitan dengan perlindungan atas kepemilikan dan menunjukkan kendaraan yang dimilikinya bukan produk kejahatan. Juga dapat dijadikan aset penjamin atas kegiatan sosial kemasyarakat di bidang bisnis maupun perekonomian.

Kemudian yang kedua adalah legitimasi pengoperasionalan (STNK dan TNKB). Konteks ini berkaitan dengan keselamatan bagi dirinya maupun orang lain. Mengoperasionalkan kendaraan bermotor di jalan raya dapat menjadi korban maupun pelaku yang menghambat, merusak, bahkan mematikan produktivitas diri sendiri maupun orang lain. Sehingga kewajiban bagi pemilik kendaraan bermotor untuk membayar pajak dan asuransi sebagai jaminan dan pembangunan jalan.

Fungsi ketiga adalah untuk forensik kepolisian. Data kendaraan bermotor dan pengemudi menjadi dasar dan bagian dari penyidikan untuk mengungkap dan membuat terang suatu tindak pidana. Selain itu juga berkaitan dengan fungsi perlindungan, pengayoman, dan pelayanan karena kendaraan bermotor dan pengemudinya berkaitan dengan suatu kejahatan atau tindak pidana.

Keempat adalah fungsi kontrol atau penegakkan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas secara manual, semi elektronik maupun elektronik. Sistem data kendaraan bermotor dan pengemudi menjadi penting dan mendasar bagi aman, selamat, tertib dan lancarnya lalu lintas.

Poin-poin tersebut kini sudah diselenggarakan dalam IT for road safety yang mencakup pada back office, aplication serta network untuk menghasilkan info grafis, info statistik dan info virtual lainnya secara real time. Dengan demikian pihak Kepolisian bisa memprediksi, mengantisipasi dan memberikan solusi dalam manajemen road safety. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang