Tidak Hanya Pengendara, HP juga Berbahaya untuk Pilot

Panduan Pembeli

Tidak Hanya Pengendara, HP juga Berbahaya untuk Pilot

NEW JERSEY - Penggunaan telepon genggam ternyata tidak hanya berbahaya bagi pengendara mobil. Alat komunikasi ini juga berbahaya jika digunakan pilot.

Pekan lalu, Badan Keamanan Transportasi Nasional Amerika Serikat atau National Transportation Safety Board (NTSB) mengumumkan kehadiran teknologi seperti ponsel dan tablet di kokpit pesawat bisa menyebabkan tabrakan udara.

"Kehadiran teknologi telah membahayakan ketika berada di tangan pilot," tulis agen federal independen berdasarkan study internal dilansir Autoblog.

Dunia penerbangan mengkhawatirkan seringnya pilot menggunakan telepon genggam akan menggangu aktivitas penerbangan meski sistem autopilot bergerak menggantikan kontrol pesawat secara manual.

Hal paling ditakutkan dengan memainkan telepon genggam maka akan membatasi kemampuan pilot untuk melihat pesawat di sekitar. NTSB menegaskan, semua pilot harus berkonsentrasi dan menunjukkan tidak adanya aktivitas lain ketika pengoperasian pesawat.

Memang jumlah kecelakaan penerbangan menurun. Tahun 2012 terjadi 1.539 kecelakaan, sementara 1.297 kecelakaan pada tahun 2013. NTSB menyimpulkan pilot sudah berkelakukan baik.

Selama ini belum kedapatan kecelakaan pesawat disebabkan pilot asik bermain dengan telepon genggam, seperti kecelakan kendaraan yang disebabkan telepon genggam. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual