Ini Pekerjaan Rumah Peugeot Jika Ingin Populer di Indonesia

Berita Otomotif

Ini Pekerjaan Rumah Peugeot Jika Ingin Populer di Indonesia

JAKARTA - Peugeot bersiap melakukan berbagai hal agar lebih populer lagi di Indonesia dan meraup segmen konsumen yang incar secara maksimal.

Seperti diberitakan sebelumnya, Peugeot yang sudah lama bak singa tertidur ingin bangkit lagi di Indonesia dan langkah pertama adalah dengan penunjukan Chief Executive Officer (CEO) baru pada awal 2019. Dari sisi produk, Pabrikan asal Prancis ini akan mengincar ceruk kosong di segmen menengah ke atas, bukan mobil murah, dan di masa-masa awal bakal meluncurkan 1 model baru tiap tahun.

Masih cukup banyak lagi ‘pekerjaan rumah’ yang mesti mereka lakukan di luar itu. Salah satunya adalah meningkatkan kesadaran publik (awareness), apalagi mereka sudah lama tidak aktif di pasar sebelum akhirnya merilis SUV 3008 pada 2018.

“Di 2018 kami masukkan (3008) ke sini. Kalau saya lihat, review dari media massa hasilnya sangat positif dan konsumen-konsumen yang sudah beli pun berkomentar positif dari sisi eksterior, interior, performa. Tapi yang kurang adalah awareness-nya. Orang belum tahun produk ini, belum kenal, sehingga tidak pernah terpikir sebelumnya akan membeli mobil ini. Para pembeli adalah orang-orang yang sudah melihat barangnya di pameran, lalu lihat Youtube, telepon, dan pesan,” papar Rokky Irvayandi, CEO PT. Astra International - Peugeot dalam media gathering beberapa waktu lalu di Jakarta.

Kualitas Dealer Dulu
Sementara, dari sisi jaringan, yang pertama dibenahi terlebih dahulu adalah kualitas, bukan kuantitas. Ini karena mereka bakal lebih fokus mengincar konsumen kelas menengah ke atas.

Dari sisi program garansi purnajual sendiri, Rokky menilai Peugeot sudah cukup bagus. Ada program free maintanance lima tahun dengan garansi tiga tahun.

“Mungkin yang pertama yang akan dilakukan adalah perbaikan kualiras dulu dari outlet2 yg ada karena kan enggak semuanya baru. Ada yang sudah lama sekali. Seperti di Cilandak, sudah lama. Itu akan kami perbaiki dulu karena sekarang kami sudah naik segmennya sehingga outlet harus ditingkatkan juga.,” tambahnya.

Perbaikan kualitas ini bakal berjalan selama setahun. Setelah itu, barulah Peugeot mulai memikirkan penambahan jumlah jaringan.

“Sekarang ini memang jaringan kami secara nasional ada lima. Sebanyak tiga di antaranya ada di Jabodetabek. Lokasi lima outlet ada di Sunter, Bumi Serpong Damai, Cilandak, Solo, Surabaya,” tutup dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support