Peugeot Ingin Bangun dari Tidur Panjang di Indonesia

Berita Otomotif

Peugeot Ingin Bangun dari Tidur Panjang di Indonesia

JAKARTA - Rokky Irvayandi, Chief Executive Officer (CEO) baru PT. Astra International - Peugeot, mengatakan selama ini merek tersebut ibarat sedang tertidur. Ia diberikan tantangan membuat Peugeot lebih baik lagi di hadapan konsumen Indonesia.

Rokky ditunjuk sebagai pucuk pimpinan Peugeot per 1 Mei 2019. Sebelumnya, ia 16 tahun berkarier di PT. Astra Daihatsu Motor. Sebagai informasi, operasional keduanya di Indonesia berada di bawah tanggung jawab PT. Astra International.

“Sebenarnya hal biasa di Astra, pindah dari merek satu ke merek lain. Kali ini saya dapat tantangan bikin Peugeot lebih baik,” ucapnya dalam Buka Puasa Bersama Media Massa pada Kamis (23/5/2019) di Jakarta.

Saat pertama masuk, yang ia cari tahu pertama adalah produknya. Saat ini, merek asal Prancis itu hanya punya satu model yang ditawarkan di negeri ini yaitu Peugeot 3008 yang meluncur pada semester satu 2018.

“Saya coba dan secara pribadi sebagai orang baru saya nilai produknya keren banget tapi penjualannya belum keren. Saya coba ngobrol-ngobrol dan mencari-cari lagi, ternyata karena banyak orang belum tahu.. Peugeot ini bukan merek abal-abal. Kami merek kelas atas. Tapi sudah lama tertidur,” tandasnya.

Strategi-strategi pun sedang disusun. Banyak aspek yang masuk dalam strategi, mulai dari segmen konsumen yang diincar, pengembangan produk, hingga penyempurnaan jaringan plus layanan purna jual.

Dari sisi produk, Rokky lalu membuka salah satu rencananya mengenai peluncuran model baru. Bulan depan bakal ada satu model yang bakal mengaspal di Tanah Air. Produk itu juga merupakan SUV dan sudah dijual secara terbatas sebagai uji coba.

Untuk target penjualan, pihaknya tak ingin muluk-muluk dulu. Selain baru memulai, tahun ini pasar mobil nasional masih diperkirakan stagnan di 1,1 juta unit.

“Sebenarnya tahun lalu 139 unit. Tahun ini kondisi pasar diperkirakan enggak naik. Saya sih target 150 unit. Mudah-mudahan saat kondisi membaik penjualan akan lebih baik,” tandasnya.

Dari 150 unit itu, kira-kira 70 persen disumbangkan oleh 3008. Sisanya dari satu model baru lain.

“3008 kan sudah mulai lebih dulu,” lanjut dia.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai strategi Peugeot di Indonesia untuk bangun dari tidur maupun calon mobil baru mereka? Nantikan tulisan selanjutnya yang Mobil123.com dapatkan dari wawancara terbatas dengan Rokky. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support