Perhatian, Ini Cara Membedakan BPKB Asli dengan Palsu

Panduan Pembeli

Perhatian, Ini Cara Membedakan BPKB Asli dengan Palsu

JAKARTA – Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) palsu marak beredar, harap berhati-hati dan menjadi perhatian saat hendak membeli kendaraan bekas.

Membeli kendaraan bekas memang harus dilakukan secara hati agar tidak tertipu terutama dalam hal surat-surat kelengkapannya seperti BPKB palsu. Untuk itu, Kepolisian pun memberikan beberapa cara untuk membedakan antara BPKB palsu dan asli.

Setidaknya, ada empat perbedaan utama yang bisa dilihat antara BPKB asli dan palsu.

  • Periksa bahan cover BPKB. BPKB asli memiliki cover lebih mengkilap, sedangkan yang palsu agak buram.
  • Periksa hologram di halaman pertama, BPKB palsu akan berubah warna jadi kuning saat diterawang. Sedangkan BPKB asli memiliki hologram warna abu-abu dan tidak akan berubah jika diterawang.
  • Periksa  nomor seri di bagian bawah hologram. nomor tersebut dimaksudkan untuk membedakan domisili. Sayangnya, untuk detail dari nomor seri tersebut tidak dapat dipublikasikan.
  • Periksa lambang Korlantas. BPKB asli akan terlihat lambang Korlantas bila disinari cahaya ultraviolet. Saat diraba, kertas akan terasa kasar karena logo Korlantas tersebut timbul.

Bila sudah melakukan semua hal tersebut dan masih merasa ragu terhadap keaslian dari surat-surat kendaraan, maka sebaiknya bawa kendaraan ke Samsat. Dengan demikian keaslian surat-surat kendaraan bisa langsung dilakukan oleh pihak berwajib. Untuk itu, disarankan untuk membeli kendaraan di hari kerja.

“Logika yang paling mudah adalah, kalau pedagang takut untuk ke Samsat, artinya surat-surat bermasalah. Dan ini sangat sering terjadi. Bahkan pedagang mobil pun masih bisa tertipu,” ungkap Okhe, pemilik dealer mobil bekas Geraldi Auto.

Calon pembeli juga bisa memanfaatkan aplikasi Samsat Online yang tersedia di PlayStore. Dengan aplikasi ini calon pembeli kendaraan bisa memeriksa nomor kendaraan dan membandingkan dengan yang tertera pada BPKB fisik.

Selain itu sebaiknya membeli kendaraan di tempat yang memiliki reputasi baik atau teman. Tentunya risiko terjadinya penipuan kendaraan, termasuk pemalsuan surat-surat dapat lebih diminimalisir.

Mobil123.com sendiri merupakan sebuah portal otomotif yang telah mememiliki rekan dealer terpercaya dengan banyak pilihan unit kendaraan. Tentunya ini akan memberi kenyamanan dalam melakukan transaksi pembelian kendaraan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar