Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ini Bukti kalau yang Beli Mazda adalah Orang-Orang Kaya

Berita Otomotif

Ini Bukti kalau yang Beli Mazda adalah Orang-Orang Kaya

JAKARTA – Pengetatan kredit yang sedang terjadi disebut tak terlalu berpengaruh pada penjualan Mazda. Pasalnya, daya beli para konsumen Mazda relatif kuat.

Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Ricky Thio mengakui bahwa sekarang pasar sedang dilanda pengetatan kredit. Meski begitu, kondisi ini tidak begitu berdampak pada bisnis Mazda di Tanah Air.

“(Pengetatan kredit) tidak terlalu pengaruh. Kalau dibilang tidak ada pengaruh sama sekali, mungkin bohong, ya. Tapi, pengaruhnya minimal,” ucap dia di sela-sela End Year Media Gathering beberapa waktu lalu di Senayan, Jakarta.

Mazda

Menurut Ricky, separuh pembeli Mazda di Indonesia sudah membayar secara tunai (cash). Separuhnya lagi, meski membeli secara kredit, gemar memilih paket uang muka (down payment/DP) besar dan tenor pendek.

“Kami di Mazda sudah biasa terima DP 30 persen ke atas. Biasanya, konsumen-konsumen kami juga bukan ‘pemain’ tenor panjang. Konsumen-konsumen kami yang 50 persen itu, mereka rata-rata memberi DP 30 persen ke atas, dengan tenor dua sampai tiga tahun saja,” papar Ricky.

Ricky pun percaya diri bahwa Mazda bisa mencapai target penjualan 5.000 unit yang mereka canangkan untuk 2023.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), per Januari-Oktober 2023, Mazda membukukan penjualan retail 4.155 unit atau naik 42,6 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Mazda CX-3

Mazda menjadi merek mobil terlaris ke-11 di Indonesia, dengan pangsa pasar terkini 0,5 persen. Menurut Ricky, ada tiga model menjadi ‘tulang punggung’ utama mereka di Indonesia yakni Mazda CX-3, Mazda CX-5, plus Mazda3 hatchback.

Mazda sendiri secara total menjual 13 model di pasar otomotif Tanah Air. Selain tiga model yang menjadi kontributor penjualan utama, masih ada Mazda2 hatchback, Mazda2 sedan, Mazda3 sedan, Mazda6 estate, Mazda6 sedan, Mazda CX-30, Mazda CX-8, Mazda CX-9, Mazda CX-60, Mazda MX-5 RF.

Sepanjang tahun ini, Mazda telah melakukan peluncuran lima model baru. Kebanyakan mengaspal pada kuartal ketiga dan keempat.

Model-model itu ialah CX-5 EMI 6th Anniversary Edition, Mazda6 20th Anniversary Edition, CX-60, New Mazda2 hatchback, plus New Mazda CX-5. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang