Ingin Bangkit di Indonesia, Akankah Peugeot Luncurkan Mobil Murah?

Berita Otomotif

Ingin Bangkit di Indonesia, Akankah Peugeot Luncurkan Mobil Murah?

JAKARTA - Peugeot menegaskan ingin bangkit dari tidur panjang di Indonesia. Hal yang tentunya paling bikin penasaran adalah apakah mereka akan mengikuti jejak Renault yang berniat meluncurkan mobil berharga murah.

Renault, sesama pabrikan otomotif asal Prancis, sudah memastikan ingin menghadirkan mobil murah tujuh penumpang di Tanah Air, tepatnya di segmen multi purpose vehicle (MPV). Modelnya masih belum diketahui, tapi dua kemungkinannya adalah Renault Lodgy atau versi MPV dari Renault Kwid.

Mobil murah memang menjadi ‘kue’ terbesar di pasar otomotif Indonesia. Berdasarkan data yang didapat Mobil123.com dari Fransiskus Soerjopranoto selaku Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM) pada Desember 2018, roda empat seharga Rp 101 - 200 juta berkontribusi 46,41 persen dari pasar, disusul model-model dengan rentang harga Rp 201 - 300 juta dengan 30,54 persen.

Namun, ternyata Peugeot tidak mengincar sektor itu. Rokky Irvayandi, Chief Executive Officer (CEO) PT. Astra International - Peugoet, mengatakan pihaknya lebih memilih mengincar pasar yang masih kosong sebagai strategi untuk bangkit dan berdasarkan riset mereka ada gap yang belum terisi di segmen kendaraan bagi kelas menengah ke atas.

“Sebenarnya kami mencari pasar yang bisa kami masuki, yang masih kosong. Memang niche market. Bukan market yang besar. Tapi itu ada,” tandas boss baru Peugeot di Indonesia ini.

Ia menjelaskan masih ada ruang kosong antara mobil-mobil flagship dari merek Jepang dengan produk-produk merek premium Eropa. Ia berharap Peugeot dapat mengisinya dan menjadi mobil transisi bagi para pengguna model termewah milik merek Jepang, sebelum menuju ke merek Eropa arus utama seperti BMW.

“Orang-orang yang sebelumnya dari mobil Jepang dan mau beranjak ke merek mewah Eropa mainstream kami harap dapat hinggap ke Peugeot dulu. Kalau kita lihat, ada jarak antara keduanya di tengah-tengah. Nah, kami menyasar ke situ,” paparnya lagi.

Setelah lama tak meluncurkan produk karena merasa model-model global dahulu kurang sesuai dengan Indonesia, Peugeot akhirnya kembali merilis model baru pada 2018 yakni SUV 3008 generasi baru. Hingga kini, hanya satu model itu yang dijual di Indonesia. Bakal ada satu SUV cukup mewah lagi yang mengaspal tahun ini, rencananya pada Juni.

“Peugeot di Indonesia punya tempat. Masih banyak juga para loyalis garis keras Peugeot di sini. Meski ganti segmen, kami yakin masih ada pecinta Peugeot yang masih mampu membelinya,” tegas Rokky dengan yakin. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support