Inden Toyota Raize Lebih Singkat

Berita Otomotif

Inden Toyota Raize Lebih Singkat

JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) menggeber produksi Raize untuk mengatasi jumlah antrian atau inden yang terlalu panjang.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 30 April 2021, Toyota Raize berhasil mendapatkan respon positif dari masyarakat di Tanah Air. Namun banyaknya permintaan, tidak berbanding lurus dengan kemampuan Toyota dalam menghadirkan produknya ke tangan konsumen.

Walhasil antrian panjang untuk mendapatkan SUV kompak tersebut mengular panjang. Dikabarkan bahwa konsumen harus menunggu hingga sembilan bulan lamanya untuk mendapatkan unit. Tentunya ini bukanlah kabar yang menyenangkan bagi konsumen maupun pabrikan.

TAM sendiri saat ini tengah melakukan peningkatan produksi Toyota Raize, guna memenuhi permintaan yang membludak. Selain itu, mereka juga telah melakukan pemetaan varian agar bisa mengimbangi permintaan konsumen.

“Saat ini SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) Raize memang sangat baik, sejak diluncurkan sampai data terakhir 14 Juni total sudah ada 6.179 unit. Komposisinya antara lain GR Sport CVT mencapai 57 persen, lalu yang kedua GR Sport TSS hingga 25 persen sementara sisanya varian lain,” kata Anton Jimmy, Direktur Pemasaran PT TAM (18/06).

Toyota Raize yang merupakan kembaran dari Daihatsu Rocky saat ini tengah digeber produksinya. Disebutkan pihaknya terus berupaya untuk mengurangi panjang antrian konsumen yang hendak memiliki SUV lima penumpang tersebut.
inden Toyota Raize

“Dari SPK yang sudah masuk 6.000 unit, jadi masih ada selisih sekitar 5.000 unit. Produksi Juni dan Juli akan kita tingkatkan karena tidak banyak hari libur. Dengan meningkatnya produksi, diharapkan kita bisa memberikan janji kepada konsumen, tergantung tipe dan warna,”jelasnya kemudian.

Ia menambahkan bahwa saat ini konsumen hanya perlu menunggu unit pesanannya sampai di rumah dalam jangka waktu 2 bulanan. Setidaknya ini akan memangkas inden yang sebelumnya mencapai 8 hingga 9 bulan.

“Sebelumnya kan ada berita 8 sampai 9 bulanan. Dengan bertambahnya produksi, maksimal konsumen akan menunggu 2 hingga 2.5 bulan. Mudah-mudahan waktu tunggu ini masih bisa cukup diterima oleh konsumen,” tuturnya.

Selain melakukan penyesuaian pada tahap produksi, Toyota juga memperkenalkan varian terbaru dari Raize 1.2. Adapun peluncuran varian baru ini dikatakan dipercepat dari rencana awal. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar