Inden Panjang Daihatsu karena Diskon PPnBM Membaik Setelah Lebaran

Berita Otomotif

Inden Panjang Daihatsu karena Diskon PPnBM Membaik Setelah Lebaran

JAKARTA – Inden mobil – mobil Daihatsu yang mendapatkan diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) saat ini cukup lama, karena ketidakseimbangan suplai dengan permintaan. Mereka mengaku membutuhkan waktu untuk mendorong kemampuan produksi yang turun karena pandemi virus Corona (Covid-19).

Seperti diberitakan sebelumnya, ada lima model Daihatsu yang turun harga sejak Maret 2021 berkat insentif PPnBM yaitu Xenia, Terios, Luxio, Gran Max minibus, plus Rocky—yang baru akan meluncur 30 April ini. Surat Pemesanan Daihatsu (SPK) Daihatsu pada Maret pun secara total langsung naik 200 persen, jika dibandingkan sebulan sebelumnya.

Ini didorong oleh meroketnya SPK model – model yang mendapatkan stimulus dari pemerintah. Kenaikannya mencapai hingga 150 persen.

Inden akhirnya mengular sampai dengan tiga bulan. Model dengan inden terpanjang adalah Terios, kemudian Xenia.

Daihatsu Terios

Daihatsu pun kini sedang menggeber kapasitas produksi pabrik dengan strategi 3P (People, Production Facility, dan Parts Control). Akan tetapi, efeknya tidak bisa langsung terjadi karena berbagai aspek yang sedang ditingkatkan membutuhkan proses.

“Misalnya rekrutmen. Tidak bisa rekrut 500 orang kemudian langsung dipekerjakan. Dibutuhkan waktu untuk pelatihan agar mencapai kemampuan sumber daya manusia yang dibutuhkan. Proses pemberian skill (kemampuan) minimum sebulan, baru bisa dan layak masuk ke jalur (jalur produksi—Red),” papar Amelia Tjandra, Marketing and Corporate Planning Director PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) meladeni pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers virtual pada 16 April 2021.

Selain itu, lanjut dia, pada Mei hari kerja juga lebih pendek. Pasalnya, ada libur dan cuti bersama Lebaran Idul Fitri 2021.

pabrik Daihatsu

 “Bulan depan sendiri, kan, banyak tanggal merah. Bisa tidak produksi selama 10 hari. Periode libur Lebaran itu akan kami gunakan untuk perawatan jig, mesin besar sehingga bisa dikatakan suplai Mei juga masih tidak akan optimal,” pungkas Amelia.

Dia memperkirakan strategi 3P baru akan memperlihatkan dampak maksimal usai Lebaran, khususnya pada Juni – Juli.

“Mulai Juni ke depan, secara bertahap, produksi akan bertambah. Baru sekitar Juli, akan ada penambahan cukup signifikan,” tukas Amelia. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar