Esemka Bima Muncul di Medsos, Foto Bareng Ignasius Jonan

Berita Otomotif

Esemka Bima Muncul di Medsos, Foto Bareng Ignasius Jonan

JAKARTA – Ternyata, mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan turut membeli satu unit kendaraan milik merek lokal Esemka.

Hal ini diketahui dari unggahan tiga foto di akun Instagramnya, @ignasius.jonan, pada 9 Februari 2020 silam. Jonan berpose di samping Esemka Bima, kendaraan komersial di segmen pikap kecil.

“Saya juga memiliki produk nasional mobil Esemka lho. Mendukung peningkatan nilai tambah di dalam negeri dan penciptaan lapangan kerja #esemka @info_esemkaid #ignasiusjonan @ignasius.jonan #produknasional @jokowi,” tulis dia.

Di foto pertama, Ignasius Jonan, yang mengenakan kaus hitam berkerah dan celanan bahan berwarna coklat, berpose mengacungkan ibu jari di samping Bima berwarna perak. Mobil pesaing Daihatsu Gran Max, Suzuki Carry, serta DFSK Super Cab ini tampak terparkir di garasi.

Foto kedua memperlihatkan Jonan berada di tengah-tengah dua mobil. Selain Bima, terlihat pula sport utility vehicle (SUV) mewah Mercedes-Benz dengan warna yang sama dengan kaus Jonan.

Sementara itu, foto terakhir menunjukkan bagian buritan Bima. Tampak jelas bagian bak dari mobil tersebut.

Seperti diketahui, Bima merupakan model Esemka yang meluncur pada 6 September 2019 silam. Seremoni perkenalannya terjadi bersamaan dengan upacara pembukaan pabrik perakitannya di Boyolali, Jawa Tengah.

Begitu meluncur, Bima langsung membuat ramai. Penyebabnya, selain karena merek tersebut kerap dipolitisasi dan dijajarkan dengan kubu Presiden Joko Widodo, juga karena desainnya yang disebut-sebut mirip mobil China Changan Star Truck. Menariknya, spesifikasi teknis kedua model ini juga identik.

Bima kemudian dibeli oleh berbagai instansi pemerintah. Di antaranya Pemerintah Provinsi Bengkulu serta Angkatan Udara Tentara Nasional Indonesia (TNI AU) pada bulan yang sama dengan peluncurannya.

Namun, setelah itu tidak ada informasi lagi mengenai Esemka. Termasuk di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) di Tanah Air yang berlangsung sejak 2 Maret 2020.

Kabar justru datang dari mobil perdesaan gubahan perusahaan lokal PT. Kreasi Mandiri WIntor Indonesia (KMWI). Kendaraan komersial yang juga disebut AMMDes (Alat Mekanis Multiguna Perdesaan) tersebut didayagunakan untuk penanggulangan pandemi di berbagai area terpencil. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar